Bale Binarum Disulap Jadi Hotel Megah

DetakBogorRaya - BOGOR, Gedung Serbaguna Bale Binarum yang dikelola Yayasan Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kota Bogor akan direvitalisasi. Aset daerah ini akan dibangun sebuah hotel bintang empat yang ramah lingkungan.

Walikota Bogor Diani Budiarto mengatakan, kerja sama revitalisasi Gedung Bale Binarum merupakan keputusan yang tepat. Karena pemanfaatan aset tersebut dapat meningkatkan ekonomi serta memberi manfaat bagi masyarakat sekitar.

Menurutnya, revitalisasi ini memiliki tiga aspek penting. Di antaranya untuk pemanfaatan aset dan meningkatkan kapasitas penggunaannya. Sehingga bisa memberikan nilai tambah dan untuk menata lingkungan.

"Revitalisasi ini dapat disinergikan dengan program pemerintah daerah dalam mendukung sektor pariwisata di masa mendatang. Apalagi lokasi Bale Binarum sangat strategis," ujarnya.

Sementara Dirut PT Ficore Properti Andalan Augustinus Judianto menjelaskan, bekas gedung Bale Binarum ini tidak hanya dibangun sebuah hotel. Juga gedung pertemuan. "Satu gedung terdiri atas dua basement dan di atas permukaan tanah ada 11 lantai untuk hotel dengan jumlah 185 kamar," paparnya.

Saat disinggung izin mendirikan bangunan (IMB), Augustinus mengakui, masih dalam proses. Namun demikian, Augustinus tidak ingin seperti investor lainnya, bangun duluan izin belakangan.

PT Ficore Properti Andalan ditunjuk Yayasan Korpri Kota Bogor dalam bentuk kerja sama Build, Operate, Transfer (BOT). Selanjutnya, PT Ficore bersedia membebaskan lahan untuk menampung kebutuhan parkir dan melengkapi sarana seperti hotel serta fasilitas penunjang lainnya.

Adapun Ketua Yayasan Korpri Kota Bogor Dody Rosadi mengatakan, pihaknya sudah lama ingin memperbaiki gedung serbaguna itu. Lantaran tak miliki dana, akhirnya ia menggandeng pihak ketiga untuk membangun gedung di lahan milik aset daerah yang dikelola Korpri ini. (rul)

« October 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31        

Cuaca

Jakarta, Indonesia
Scattered Clouds
27°C (27°C 23°C)

Go to top