Di Motori Tokoh Pemuda, Warga Kampung Rawa Gotong Royong Bersihkan Sampah

detaktangsel.com PONDOK AREN--Aksi buang sampah sembarangan yang dilakukan oleh segelintir orang tak dikenal di sisi Jalan Kampung Rawa Timur, Pondok Pucung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), hingga kini terus berlanjut.

Bahkan, sampah berbahan organik dan non organik setinggi hampir satu meter tersebut, tak jarang dikeluhkan warga lantaran kerap menimbulkan bau tak sedap bagi warga yang melintas dikawasan itu.

Kondisi tersebut, mengundang keprihatinan semua pihak terutama para pemuda yang ada di kampung tersebut. Dengan dimotori tokoh pemuda setempat, Yanto Ulay, warga dan pemuda di RW 05 Kampung Rawa Timur dan RW 16 Kampung Rawa Barat, dengan perlengkapan cangkul, pengki skop, kompak membersihkan sampah berserakan di sisi jalan kawasan tersebut.

Imron, warga RT 04/05 mengatakan, tumpukan sampah yang ada disisi jalan Kampung Rawa Timur ini, sudah tiga kali dibersihkan. Setiap kali sampah dibersihkan, ia bersama pemuda lainnya tidak lupa selalu memasang spanduk peringatan agar warga tidak lagi membuang sampah di kawasan itu.

"Ini yang ketiga kalinya sampah-sampah ini kita bersihkan. Mudah-mudahan, dengan dibantu tokoh pemuda seperti bang Ulay (Yanto Ulay), warga tidak lagi membuang sampahnya dikawasan ini," kata Imron, Rabu (14/3/2018).

Imron jelaskan, lokasi yang dijadikan tempat pembuangan sampah tersebut, selama ini sepi dari pantauan warga mengingat kondisinya jauh dari tempat pemukiman.

"Sebetulnya kalau warga disini, sampahnya ada yang ngambil. Dan itu dikenakan biaya. Namun kebanyakan yang membuang sampahnya disini, dilakukan oleh warga pendatang. Dan ini yang sangat kita sesalkan," ungkapnya.

Dia sebutkan, sejak tujuh tahun lalu, Jalan Kampung Rawa Timur ini selalu dijadikan tempat pembuangan sampah (TPS) liar oleh orang tak dikenal.

"Kita berharap, dengan aksi bersih bersih bersama tokoh pemuda disini, warga tak lagi membuang sampahnya dipinggir jalan ini," tutur Imron.

Ditempat yang sama, Yanto Ulay, tokoh pemuda setempat mengapresiasi aksi bersih-bersih yang dilakukan para pemuda di dua RW itu. Karena, masalah kebersihan lingkungan warga, merupakan tanggung jawab bersama serta tidak melulu harus melibatkan pihak-pihak terkait.

"Ini kepedulian pemuda supaya lingkungan selalu bersih, kami hanya memfasilitasi saja. Aksi bersih-bersih sampah ini, sangat positif dilakukan oleh pemuda. Mudah-mudahan aksi ini dilakukan secara berkesinambungan," bebernya.

Pria yang akrab disapa Ulay ini menambahkan, kondisi cuaca yang terjadi seperti saat ini, dimana, masih seringnya turun hujan, sampah-sampah yang ada dilingkungan pemukiman dikhawatirkan akan berdampak pada kesehatan warga.

"Jadi disini peran pemuda dibutuhkan, dengan melakukan aksi bersih-bersih sampah, akan mengurangi penyebaran penyakit yang disebabkan oleh sampah. Ini sangat kami apresiasi," tandasnya.

Baca Juga : Airin Galakkan Gotong Royong

« September 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30

Cuaca

Jakarta, Indonesia
JSN_PAGEBUILDER_ELEMENT_WEATHER_HAZE
35.3°C (37°C 18°C)

Go to top