Kader Posyandu Diberikan Pemahaman Sistem JKN

Kader Posyandu Diberikan Pemahaman Sistem JKN

detakserang.com- PANDEGLANG, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Saketi menggelar sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dijalankan Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS). Sosialisasi ini diberikan kepada kader-kader Posyandu dan aparat desa se-Kecamatan Saketi. Tujuannya untuk memberikan pemahaman tentang sistem program JKN. kegiatan tersebut dilakukan di Aula Puskesmas Saketi, Kamis (24/4).

Kepala Puskesmas Saketi Yani Sastranegara mengatakan, sebenarnya kegiatan ini merupakan agenda dari Dinas Kesehatan Pandeglang yang dilakukan di Puskesmas. Program JKN sangat penting bagi kader dan aparat desa. Sebab selain ujung tombak informasi kesehatan buat warga, kader juga merupakan posisi yang tepat untuk menggabarkan ini pada warga.

"Melalui sosialisasi JKN ini nantinya para peserta bisa memaparkan pengetahuannya kepada warga yang lain, baik kader Posyandu, aparat desa maupun sekretaris desa. Sehingga warga bisa memehami program ini," ungkapnya.

Yani mengimbau masyarakat menengah ke atas bisa ikut program JKN dengan mendaftarakan diri. Selain akan memberi manfaat, program ini juga bisa membantu warga yang kurang mampu.

"Untuk pendataran warga bisa datang ke Kantor BPJS di kawasan Rumah Sakit Umum Daerah Pandeglang. Bahkan, kader-kader Posyandu bisa mendapingi," katanya.

Kasi Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang Ade Setiawan menambshkan, sosialisasi ini merupakan upaya Dinas mengabarkan program baru tentang kesehatan yang disebut JKN dan itu ada di Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS). Melalui kegiatan ini, diharapkan para kader di wilayah Kecamatan saketi mampu memahami dan dapat menyosialisasi pada masyarakat. Sebab, kegiatan ini dilakukan pada kader-kader kesehatan di desa serta aparat desa. Selanjutnya, mereka diharapkan dapat menyalurkan program ini ke masyarakat,"paparnya.

Go to top

Copyright ¬© 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online