Disnakeswan Pandeglang Laksanakan Program Hibah Domba

Disnakeswan Pandeglang Laksanakan Program Hibah Domba

detakserang.com- PANDEGLANG, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Pandeglang melaksanakan program hibah bagi Kelompok Tani Ternak setempat. Kelompok ini akan menerima 'hibah' hewan ternak domba. Dana program ini dari anggaran 2014.

Kasi ternak ruminansia Disnakeswan Kabupaten Pandeglang Undang Mulyana meminta kelompok ini harus menjalankan program tersebut dengan baik. Dengan demikian, hewan ternak domba tersebut agar dikelola setiap kelompok penerima hibah bisa berjalan dan berkelanjutan. Sehingga program ternak bisa berkembang dan hasilnya akan mendongkrak kesejahteraan kelompok dapat tercapai.

Ia menyampaikan imbauan itu dalam acara Bimbingan Teknis (Bimtek) bertajuk 'Peningkatan Produksi Hasil Peternakan Tahun Anggaran 2014' ini yang dilaksanakan di Aula Hotel Pandeglang Raya, Kamis (24/4).

"Walau program ini bersifat hibah, kelompok dituntut menjalankan dengan baik agar program tersebut bisa berjalan dan berkelanjutan. Sehingga ternak domba bisa berkembang,"ungkapnya.

Pada 2014, menurutnya, jumlah kelompok penerima program tersebut ada sekitar 50 kelompok. Mereka dari beberapa kecamatan se-Kabupaten Pandeglang. Para kelompok penerima program tersebut ada yang dari hasil Musrembang, pengajuan murni kelompok, dan hasil reses anggota DPRD setempat. Untuk itu, pihaknya berharap kelompok ini dapat memahami tata cara menjalankan program ternak dengan baik.

Menyinggung pengadaannya, ia menjelaskan, setiap kelompok menerima sepuluh ekor domba yang terdiri atas sembilan ekor domba betina dan satu domba jantan. Hal itu untuk meningkatkan hasil produksi peternakan.

Ia menandaskan, setiap kelompok calon penerima bantuan diberikan bimbingan terlebih dahulu.

Di tempat yang sama anggota Komisi II DPRD Kabupaten Pandeglang Ade Kadar Solihat mengimbau semua kelompok calon penerima program tersebut agar membudidayakan hewan ternak domba. Sehingga program bisa terus berjalan.

"Saya akan selalu memantau program tersebut meski program ini bersifat hibah. Untuk itu, kelompok harus membudidayakan dengan baik dan jangan sampai hanya sebatas menerima. Namun, mereka tidak membudidayakan," katanya.

Go to top

Copyright ¬© 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online