Print this page

Menakar Keberhasilan Airin Rachmy Diany

detaktangsel.com OPINI - Siapa menabur, dia menuai. Siapa berbuat, dia bertanggungjawab. Siapa memberi, dia menerima. Makanya dalam salah satu ayatNya kita diingatkan, bahwa kebaikan seberat dzarrah akan mendapat balasannya, pun kejahatan seberat dzarrah. Semua akan dikembalikan kepadanya. Kalau tidak sekarang, berarti nanti. Kalau tidak di dunia, berarti di akhirat. Maha Adil Allah, yang menciptakan hidup setelah mati. ( Kompas 11 maret 2011 Airin Rachmidiany).

Meski banyak perbincangan dan terpaan kritik dan dukungan yang beragam, ternyata masyarakat Kota Tangerang Selatan objektif menilai Kinerja Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany. Namun perbincangan ini menjadi lebih menarik, dan justru menaikan Popularitas Airin Rachmi diany.

Masyarakat sekarang sudah pintar dengan berbagai Media dan informasi sudah dapat menilai mana yang benar dan salah semua kembali ke pada masyarakat sendiri .Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany sebagai salah satu kandidat dari inkanben untuk kegiatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Walikota Tangsel tahun 2016 – 2021 berpeluang cukup besar untuk kembali memimpin pemerintahan kota (Pemkot) Tangsel ke depan.


Kinerja Airin memang luar biasa. Hanya dalam waktu kurang dari 5 tahun, Airin mampu merubah wajah Kota Tangsel menjadi kota modern yang ramah lingkungan dan ramah investasi. Di bahwa kendalinya, kini Tangsel melesat menjadi kota mandiri dengan pertumbuhan ekonomi 8,7%, jauh di atas pertumbuhan ekonomi nasional.

Senyum Airin pun mengembang ketika melihat indikator makro yang terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Pelayanan masyarakat yang makin prima dan pembangunan infrastruktur pun makin meluas. Rakyat bisa merasakan denyut nadi perubahan Kota Tangsel untuk mencapai visinya menjadi kota yang Cerdas, Modern dan Relijius (C-MORE).

Sosok Ibu Airin Rachmi Diany itu adalah sosok ibu yang tegar, dan mungkin tidak dimiliki oleh para ibu yang lain, ketegaran beliau dalam memimpin Kota Tangerang Selatan wajib di tiru, banyak yang masih berharap beliau tetap bisa memimpin kota Tangerang Selatan yang kita cintai ini, apapun penilaian masyarakat tentangnya , mari kita lihat pembangunan di segala aspek adalah bukti majunya kota tangsel ini, berkat kepemimpinannya , yah masyarakat juga jangan melihat sisi negatif nya saja , kan bisa di lihat selama ini Airin Rachmi Diany memimpin sangat cerdas dan berkeadilan .

"Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany masih menduduki rangking pertama hasil survei dari Lembaga Survai Kebijakan Publik (LSKP) dalam Pilkada Walikota Tangsel mendatang," kata Ketua Tim Survai LSKP, Ibrahim A .

Menurut Lembaga Survai Kebijakan Publik dia, Airin Rachmi Diany bersaing dengan tiga gandidat lainnya seperti Benyamin Davnie (Wakil Walikota Tangsel), Wawan Iriawan , Ivan Ajie , Saleh Asnawi dan Arsid (Sekda I Kab. Tangerang).

"Airin Rachmi Diany meraih sekitar 95 persen untuk calon lainnya memiliki hanya lebih dari dua persen dari 3.120 responden yang tersebar di tujuh kecamatan," ujarnya.

Kegiatan survai LSKP dilakukan sejak Pebruari hingga awal April 2015 lalu dengan cara langsung atau face to face di tujuh kecamatan dari kalangan bawah dan menengah. Responden tersebut lebih memilih politisi dibandingkan birokrat dan kebanyakan masyarakat menginginkan ekonomi yang sejahtera serta pelayanan cepat, mudah dan murah.

Dukungan muncul pula dari Sekretaris Forum Rukun Warga (RW) Kota Tangsel, J. Selwan, menambahkan kegiatan Pilkada Walikota Tangsel yang akan dilaksanakan Desember 2015 mendatang berharap Walikota Airin Rachmi Diany ikut kembali dalam kegiatan tersebut. Sebagian besar hasil survai dan wawancara pengurus RW, RT dan masyarakat terkait pembangunan fisik dan non fisik yang dilakukan Walikota Tangsel sekarang cukup berhasil dan mumpuni.

Pujian keberhasilan Beliau dalam membangun kota Tangerang Selatan sudah tidak di ragukan lagi, semua dapat merasakannya, yah jika ada yang merasa tidak puas paling tidak itu hanya ungkapan sepihak saja untuk kepentingan kepentingan tertentu. Realisasi pembangunan yang dilakukan dari berbagai kegiatan hingga Musrenbang tingkat RT, RW, kelurahan, kecamatan dan walikota dirasakan cukup berhasil seperti perbaikan kondisi jalan lingkungan, saluran air, pos yandu, balai warga, TPST serta berbagai pelatihan maupun ketrampilan ke masyarakat selama tiga tahun terakhir ini.Termasuk meningkatnya APBD dan PAD setiap tahun.

Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany sebagai salah satu kandidat dari inkumben untuk kegiatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Walikota Tangsel tahun 2016 – 2021 berpeluang cukup besar untuk kembali memimpin kembali pemerintahan kota (Pemkot) Tangsel ke depan. Pemimpin yang baik selalu mempunyai keinginan untuk menebarkan cinta pada rakyatnya, hingga rakyatnya sadar untuk mencintainya. Karena dengan cinta, seorang pemimpin akan mensejahterakan rakyatnya dengan memberikan kemampuan terbaiknya...

Data indek pembangunan manusia di Kota Tangsel juga terus mengalami peningkatan menjadi 78 setara dengan DKI Jakarta dan jauh meninggalkan indek pembangunan manusia Indonesia yang hanya 73. Melihat pertumbuhan yang demikian signifikan, rasanya sangat wajar jika Airin bermimpi melihat Kota Tangsel menjadi "Smart City". Apalagi, kini banyak bermunculan perguruan tinggi-perguruan tinggi baru di Kota Tangsel.

Tak hanya itu, Airin pun rajin merenovasi gedung-gedung sekolah dari tingkat SD hingga SMA dan pemberian beasiswa bagi siswa yang berprestasi dan siswa yang kurang mampu. Keberhasilan program Airin dibidang pendidikan dapat dilihat dari menurunnya angka buta huruf dan meningkatnya angka rata-rata lama sekolah warga Kota Tangsel yang mencapai 10,99. Meningkatnya angka rata-rata lama sekolah menunjukkan semakin tinggi jenjang pendidikan terakhir yang ditamatkan oleh warga yang memiliki korelasi positif dengan kualitas warga Kota Tangsel dalam hal mengenyam pendidikan formal maupun informal.

Pemimpin Ideal
Menurut Very Mukhlis dari Konsep Indonesia, secara sosial seorang pemimpin adalah penguasa, karena ia memiliki otoritas dalam memutuskan sesuatu yang mengikat orang banyak yang dipimpinnya, tapi menurut etika keagamaan, seorang pemimpin pada hakekatnya adalah pelayan dari orang banyak yang dipimpinnya (sayyid al-qoumi khodimuhum).

Pemimpin yang akhlaknya rendah pada umumnya menekankan dirinya sebagai penguasa, sementara pemimpin yang berakhlak baik lebih menekankan dirinya sebagai pelayan masyarakatnya. Dampak dari keputusan seorang pemimpin akan sangat besar implikasinya pada rakyat yang dpipimpin. Jika keputusannya tepat, maka kebaikan akan merata kepada rakyatnya, tetapi jika keliru maka rakyat banyak akan menanggung derita karenanya.

Meneladani kepemimpinan Rasulullah, akhlak utama yang harus dimiliki seorang pemimpin adalah keteladanan yang baik (uswah hasanah), terutama dalam kehidupan pribadinya, seperti hidup bersih, sederhana dan mengutamakan orang lain.

Menurut hemat penulis Kota Tangerang Selatan ke depan harus ditangani oleh orang-orang yang tangguh, memiliki komitmen, dedikasi, jujur, bersih, dan pengabdiannya semata-mata didorong oleh niat yang ikhlas bagi kemajuan dan kepentingan masyarakat. Bukan untuk kepentingan pribadi, keluarga, atau sekelompok orang tertentu saja.

Kota Tangerang Selatan memiliki potensi yang demikian besar bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakatnya. Namun hingga kini masih terabaikan, kalau pun sudah mulai ditangani, tapi belum optimal dan hasilnya baru dinikmati oleh segelintir atau sekelompok orang tertentu saja.

Melihat berbagai potensi itu, Kota Tangerang Selatan kedepan memerlukan pemimpin yang visioner, memiliki konsep yang jelas, pribadi yang tangguh, jujur, adil, murah hati dan pengabdiannya semata-mata hanya bagi kepentingan rakyat banyak.

Kepada Walikota Tangsel 2016-2021 terpilih kelak, masyarakat tetap akan menuntut yaitu berantas KKN, dan tuntutan pemerataan pembangunan di segala bidang secara berkeadilan dan mampu memberikan dampak positif bagi pembangunan Kota tangsel, untuk masa depan Kota Tangsel menjadi "Smart City" yang Cerdas, Modern dan Relijius. Wallaualam Bisawab 

Oleh ; Budi Usman, Praktisi Pelayanan Publik ( Kasubag Umum Kerjasama Korps Pegawai Republik Indonesia Kota Tangsel)

Related items