Pelaku UMKM Diedukasi Soal Pajak

Suasana seminar pajak di STAN. Suasana seminar pajak di STAN. Hendra

detaktangsel.com PONDOK AREN--Sebanyak 250 pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) antusias mengikuti seminar kewirausahaan yang diadakan UMKM Sahabat Pajak (USP) Kota Tangsel bersama Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Pondok Aren serta Politeknik Keuangan Negara (PKN) di Gedung G Kampus Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), Bintaro, Rabu (19/9/2018).

Seminar kewirausahaan yang dihadiri Asisten Deputi Fiskal Kemenko Perekonomian, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak (DJP) Provinsi Banten, Catur Rini Widosari dan Kepala KPP Pratama Pondok Aren, Sunarko.

Kepala Kantor Wilayah DJP Provinsi Banten, Catur Rini Widosari mengatakan, seminar kewirausahaan kepada pelaku UMKM, perlu dilakukan untuk meningkatkan peran serta UMKM dalam pembangunan negara. Sebab, dalam undang-undang, warga negara diwajibkan membayar pajak tergantung jenis usaha yang dijalaninya.

"Kalau bicara UMKM sudah membayar pajak, itu sudah. Ada yang besar dan ada yang kecil. Tapi itu bukan masalah buat kita, karena yang penting adalah edukasi. Kita mengedepankan edukasinya, proses pembelajaran bahwa warga negara memiliki kewajiban membayar pajak," katanya.

Jika pelaku UMKM belum paham mengenai soal perpajakan, dia pun mengimbau agar pelaku UMKM jangan pernah takut untuk mendatangi kantor pajak. Sebab, pihaknya membuka diri bagi pelaku UMKM yang ingin mengikuti pelatihan-pelatihan kewirausahaan. Sebab, pihaknya memiliki program bisnis yang memang dikhususkan bagi pelaku UMKM untuk tumbuh kembang usahanya.

"Bahkan bagi yang baru memulai usaha, silahkan ikuti pelatihan tersebut. Yang penting kita tetap mendampingi mereka untuk paham pajak dan paham kewajiban, tanpa dipungut biaya. Jadi, biar masyarakat langsung merasakan manfaat uang pajak yang mereka bayar," ungkapnya.

Kepala KPP Pratama Pondok Aren Sunarko menambahkan, dengan diadakannya seminar kewirausahaan tersebut, diharapkan akan terbentuk sinergi antara pelaku UMKM dan pelaku usaha lain untuk meningkatkan perpajakan. "Harapannya ada peningkatan kepatuhan perpajakan. Terutama dari pelaku usaha, karena ini untuk kemajuan usaha juga," ujar Sunarko.

Sementara itu, Ketua USP Kota Tangsel Sodikin mengatakan bahwa diadakannya seminar kewirausahaan, agar pelaku UMKM mendapatkan tips-tips untuk kemajuan usaha yang dijalani pelaku UMKM agar produk yang dibuatnya bisa masuk ke instansi-instansi yang ada di pemerintahan.

"Jadi bila produk pelaku UMKM masuk ke pemerintahan, ini akan meningkatkan omset mereka. Jadi, pelaku UMKM dikemudian hari dikemudian hari bisa memberikan kontribusi lebih untuk negara ini," tandasnya. 

« December 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31            

Cuaca

Jakarta, Indonesia
Clear
27.2°C (30°C 23°C)

Go to top