Temukan 2000 Koperasi Tidak Aktif, Dewan Minta Pemerintah Lakukan Pembinaan

Temukan 2000 Koperasi Tidak Aktif, Dewan Minta Pemerintah Lakukan Pembinaan

detaktangsel.com BANTEN - Temukan 2000 Koperasi di Provinsi Banten yang tidak aktif, Wakil Ketua Fraksi PKS DPRD Banten menilai pemerintah daerah baik di Kabupaten/Kota dan Provinsi harus memberikan pembinaan serta pengawasan kepada lembaga tersebut.

"Keberadaan koperasi di Banten sangat mendukung roda perekonomian masyarakat. Oleh karena itu. Kewenangan pembinaan terhadap koperasi dilakukan oleh pemerintah secara berjenjang. Karenanya, pemerintah pusat harus memberikan perhatian kepada lembaga tersebut," Kata Najib Hamas, Wakil Ketua Fraksi PKS DPRD Banten, sesusai menghadiri acara Cofe Morning dengan dinas Koperasi se-Provinsi Banten Banten, Senin (29/02).

Lanjutnya, Hasil pembahasan kami dengan Dinas Koperasi Provinsi Banten dan seluruh Kabupaten/Kota, ada sekitar 2000 koperasi yang tidak aktif, dan sekarang sedang dalam verifikasi, untuk pembinaan selanjutnya.

"Sesuai dengan rapat anggota tahunan atau RAT lembaga koperasi akan dibekukan kalau selama dua tahun tidak melakukan kegiatan tersebut. Sekarang dalam aturan, apabila dua tahun berturut-turut tidak ada RAT, maka koperasi itu akan ditutup. Dan kami harap hal itu jangan dilakukan sbelum melihat seperti apa kondisi dilapangan. Kalau ternyata ada koperasi yang masih bisa dibina kenapa hal itu tidak dilakukan," ungkapnya.

Harapan tersebu, Tambahnya, menginggat anggaran untuk koperasi saat ini cukup besar. "Jangan sampai program untuk koperasi besar dananya, tapi lembaganya sedikit," imbuhnya.(ADV)

Go to top

Copyright ¬© 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online