Perobohan Gedung Tua di Bintaro Lamban

Perobohan Gedung Tua di Bintaro Lamban

detaktangsel.coPONDOK AREN - Proses perobohan gedung Panin Bank di sektor VII Bintaro, Pondok Aren hingga kini belum terlihat progresnya. Bangunan tua itu masih berdiri tinggi tegak.

PT Wahana Infonusa selaku kontraktor perobohan gedung ini menggunakan prinsip metode overload. Metode tersebut memberikan beban berlebih denga kantung pasir.

Bahkan, ratusan ton pasir di atas gedung diangkat satu unit crane. Namun, bangunan itu tak kunjung roboh. Walau pun terlihat lambat, hal ini agar tidak menimbulkan kecelakaan.

"Kami tidak akan melakukan penambahan crane, nantinya malah menyulitkan dalam pekerjaan perobohan," ujar Direktur Utama PT Wahana Infonusa, Yoyok Hari Sucahyo pada Rabu (19/10/2016).

Sebab crane yang digunakan ini ukurannya sangat besar. Bahkan tingginya melampaui tinggi gedung Panin Bank. "Kalau crane ditambah, nantinya bisa tabrakan di atas dan malah roboh bisa terjadi hal - hal yang tidak diinginkan," ucapnya.

Selain dibebani pasir, pihak kontraktor juga akan memberikan cairan kimia pada bangunan tersebut. Cairan kimia ini berfungsi meratakan beton pada gedung itu.

"Ada tiga lantai yang diberikan cairan kimia, ketiga lantai ini berada di paling atas gedung," ujarnya.

Kata dia, nantinya efek dari cairan kimia tersebut dapat melemahkan sambungan balok pada bangunan itu. Dengan begitu struktur gedung menjadi lemah dan perlahan akan ambruk.

"Kami memang diberikan waktu selama 90 hari, tapi waktu 3 bulan itu kami yang ajukan. Semoga berjalan dengan lancar dan aman," ujarnya. (ray)

Go to top

Copyright ¬© 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online