Menteri Airlangga: Kreativitas Lokal dan Inovasi Kekuatan Baru Ekonomi

Menteri Airlangga: Kreativitas Lokal dan Inovasi Kekuatan Baru Ekonomi

detaktangsel.com TANGERANG-Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto mengaku saat ini kreativitas lokal dan inovasi menjadi kekuatan baru ekonomi Indonesia.

Hal ini diungkapkannya saat menghadiri wisuda dan kuliah umum di Universitas Multimedia Nasional (UMN) Gading Serpong, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang pada Sabtu (17/12/2016).

"Melihat perkembangan start-up saat ini, yang menjadi tumpuan utama adalah ICT dan multimedia. Adik-adik wisudawan UMN ini sudah berada dalam track yang benar. Artinya, pendidikan ICT dan multimedia bisa dimaksimalkan dalam wadah universitas," katanya.

Menteri Airlangga juga mengatakan, bahwa E-commerce di Indonesia saat ini bernilai US $ 18 millyar dan dalam lima tahun akan berkembang 10 kali lipat.

"Artinya peluang untuk mengembangkan bisnis berbasis teknologi ini sangat luas," ujarnya.

Sementara Rektor UMN Ninok Leksono menekankan, untuk menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), lulusan UMN selain harus memiliki kompetensi tinggi di bidang keahlian yang diterjuni juga harus memiliki kreativitas dan jiwa inovasi untuk dapat bersaing.

"Indonesia sedang berupaya mentransformasikan perekonomiannya dari ekonomi berbasis sumber daya alam ke ekonomi berbasis pengetahuan. Peluang terbuka lebar di era MEA namun pemain baru juga berdatangan," ucapnya.

Sehingga ke depannya, persaingan akan terus mewarnai perjalanan karir. Kreativitas dan jiwa inovasi menjadi dua modal penting yang akan membuat produk-produk baru terus dimutakhirkan untuk memenuhi kebutuhan pasar. Dengan inovasi, penemuan tidak berhenti di ranah ilmu pengetahuan atau riset, tetapi membawanya ke ranah komersial.

"Hal ini pada gilirannya akan memberi dampak nyata pada peningkatan pendapatan nasional jika dilakukan oleh pelaku industri kreatif dalam skala besar," tandas Ninok. (zaf)

Go to top

Copyright ¬© 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online