Mudik Lancar, Aman, Nyaman di Tol Tangerang-Merak

Mudik Lancar, Aman, Nyaman di Tol Tangerang-Merak

detaktangsel.com- TANGERANG, Banten, Jelang Lebaran 1435 H, PT Marga Mandalasakti (MMS) selaku pengelola jalan tol Tangerang-Merak menyiapkan layanan khusus untuk para pengguna jalan di ruas tol Tangerang-Merak. Arus Mudik dan Balik tahun ini diperkirakan akan meningkat sekitar 6% dibandingkan tahun yang lalu dan puncaknya diperkirakan terjadi pada H-3 (tanggal 25 Juli 2014) dan untuk arus balik pada H+5 (tanggal 3 Agustus 2014).

Direktur Operasi dan Teknik MMS Sunarto Sastrowiyoto mengatakan dengan rampungnya penambahan lajur ruas Cikupa – Balaraja Barat di kedua arah Tol Tangerang-Merak menjadi 3 lajur, menambah kesiapan MMS dalam melayani pemudik Lebaran 1435 H. Dengan peningkatan kapasitas jalan tol Tangerang-Merak ini diharapkan dapat memberi kelancaran, keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan dalam menempuh perjalanan mudik dan balik.

Pada hari ini juga diadakan kegiatan Kampanye Keselamatan Lalu Lintas dengan tema Ayo Mudik Lancar, Aman dan Nyaman di Tol Tangerang-Merak. Melalui kegiatan ini diharapkan pengguna jalan semakin sadar untuk mengemudi dengan aman. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Ayo Aman Berlalu Lintas dari PT Astra International Tbk yang telah diluncurkan pada tanggal 15 April 2014 yang lalu.

Kampanye keselamatan pada hari ini terdiri atas permainan edukasi tentang rambu-rambu lalu lintas, pemasangan stiker pada kendaraan serta penandatanganan spanduk komitmen keselamatan oleh para pengguna jalan yang berada di Tempat Istirahat KM 45. Bagi pengguna jalan yang berpartisipasi dalam kampanye ini juga dibagikan souvenir.

Di area kampanye ini juga disediakan Uji Emisi Gratis dari AstraWorld dan Auto 2000 serta konsultasi hasil dari uji emisi tersebut kepada 100 kendaraan.

Kampanye Keselamatan ini juga merupakan awal dari Program Smart Driver yang merupakan program berkesinambungan dan adopsi dari Tokyo Smart Driver program keselamatan berlalu lintas kepada pengguna jalan tol yang dilakukan oleh Metropolitan Expressway Company Limited (Shutoko) - MEX, pengelola jalan tol di wilayah Tokyo, Jepang. MMS telah membina kerjasama dengan MEX sejak tahun 2010 dan telah diimplementasikan beberapa program baik dalam hal peningkatan kualitas jalan maupun operasional jalan tol.

Melengkapi layanan arus mudik dan balik Lebaran 1435 H, selain Kepala Divisi Operasi MMS Ega N. Boga, turut hadir sebagai narasumber untuk memaparkan masing-masing Program Layanan Lebaran 1435 H kali ini yaitu Kepala Detasemen Polisi Jalan Raya (PJR) Mabes Kombespol Ahsanur Rozimi yang diwakili oleh AKBP Subono dan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Banten Drs. H. Cepi Syafrul Alam, M.Si yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengendalian Operasional dan Rekayasa Lalu Lintas Jalan pada Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Perhubungan (Dishubkominfo) Provinsi Banten, Falah Fardina.

Untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengguna jalan tol Tangerang-Merak, selama H-7 s.d H+7, telah diprogramkan Layanan Lebaran 1435 H dengan menyediakan berbagai fasilitas antara lain:

1. 4 (empat) lokasi Tempat Istirahat (TI) di jalan tol Tangerang-Merak, yaitu di KM 42, KM 68 arah Merak dan di KM 68, KM 45 arah Jakarta buka selama 24 jam, dengan fasilitas meliputi SPBU, Musholla, kantin, toilet dan area parkir;

2. 2 (dua) lokasi Pos Pelayanan Kesehatan untuk pemudik di Tempat Istirahat KM 42 arah Merak dan KM 68 arah Jakarta;

3. 4 (empat) lokasi Pos Pelayanan Polisi Jalan Raya (PJR) di Tempat Istirahat;

4. Pos Pelayanan Bengkel Mobil Gratis di Tempat Istirahat KM 45 arah Jakarta.

Sementara itu fasilitas layanan kami lainnya tetap akan dioptimalkan untuk memberikan layanan terbaik kepada pengguna jalan, yaitu:

1. 10 (sepuluh) unit kendaraan Derek Gratis hingga gerbang tol terdekat, 7 unit kendaraan Patroli, 15 unit kendaraan patroli PJR, 4 unit kendaraan Ambulance dan 2 unit kendaraan Rescue, 1 unit dengan kemampuan mengangkat beban hingga 35 Ton, 1 unit kendaraan Sky lift serta 2 unit kendaraan Water Tank;

2. 5 (lima) unit Variable Message Sign (VMS) yang terpasang di KM 28+000 arah Merak, KM 30+000 Gerbang Cikupa arah Merak , KM 60+000 arah Merak dan Jakarta di overpass Ciujung, serta di KM 72+000 arah Jakarta. VMS berfungsi untuk mempercepat dalam memberikan informasi kepada lalu lintas terkini dan hal-hal lain yang penting bagi pengguna jalan. Selain itu tersedia mobile VMS yang terpasang pada 2 unit kendaraan patroli lalu lintas;

3. 25 (dua puluh lima) Unit Kamera pemantau jalur (CCTV) terpasang dibeberapa lokasi disepanjang jalan tol Tangerang-Merak untuk lebih meningkatkan kecepatan dan ketepatan petugas jalan tol dalam memberikan layanan;

4. Layanan Informasi 24 Jam (Call Center) MMS di nomor telepon 0254-20 78 78, Bebas Pulsa 0-8001-77-78-79, SMS 0818-0808-5500 dan e-mail This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. serta di twitter @tol_mms, yang siap melayani pengguna jalan tol Tangerang-Merak.

Diharapkan dengan rangkaian Program Layanan Lebaran 1435 H di Jalan Tol Tangerang-Merak ini, arus mudik dan arus balik dapat berjalan lancar, aman dan nyaman sehingga para pemudik dapat menikmati moment hari raya bersama keluarga tercinta dan kembali ke rumah dengan selamat serta hati yang bahagia.

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online