MMS dan ASDP Merak Siap Hadapi Arus Lebaran 2015

Direktur Teknik & Operasi MMS diajak meninjau langsung ASDP Merak dalam koordinasi hadapi arus Lebaran 2015 Direktur Teknik & Operasi MMS diajak meninjau langsung ASDP Merak dalam koordinasi hadapi arus Lebaran 2015

detaktangsel.com MERAK - Banten : Sebagai bagian dari prasarana transportasi dalam menjelang arus mudik dan balik Lebaran tahun 2015, PT Marga Mandalasakti (MMS) selaku badan usaha jalan tol Tangerang-Merak melakukan berbagai persiapan guna memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna jalan.

Salah satunya adalah melakukan koordinasi terkait pemberian layanan informasi kepada para pengguna jalan yang akan menuju pelabuhan Merak bersama dengan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Merak [ASDP Merak] suatu perusahaan jasa angkutan penyeberangan dan pengelola pelabuhan penyeberangan untuk penumpang, kendaraan dan barang.

MMS yang diwakili oleh Direktur Teknik dan Operasi, Tim Divisi Operasi dan Tim Humas melakukan kunjungan ke ASDP Merak yang disambut oleh General Manager dan Tim Humas serta Manager Usaha Pelabuhan Merak ASDP Merak.

Selain meningkatkan komunikasi di antara ASDP Merak dan MMS, dalam kunjungan ini juga dilakukan tinjauan kegiatan operasional dan saling berbagi informasi program pelayanan yang dipersiapkan jelang Lebaran 2015.

"MMS sebagai operator Jalan tol Tangerang-Merak berperan meningkatkan efisiensi pelayanan jasa distribusi guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi khususnya pengguna jalan yang akan menuju pelabuhan Merak, begitu juga ASDP Merak sebagai penyedia akses transportasi publik antar pulau yang bersebelahan mempunyai peranan yang tidak kalah penting dalam menghubungkan pulau Jawa dan Sumatera. Tentunya diharapkan kita dapat bersinergi dalam memberikan pelayanan terbaik", papar Direktur Teknik & Operasi MMS, Sunarto Sastrowiyoto dalam sambutannya.

Sunarto mengharapkan komunikasi yang sinergis di antara MMS dan ASDP Merak dapat memberikan layanan informasi yang bermanfaat bagi para pengguna jalan Tol Tangerang -Merak terutama bagi mereka yang berpergian menuju pulau Sumatera melalui pelabuhan Merak, sehingga pengguna jalan dapat memilih untuk melanjutkan perjalanan atau beristirahat sejenak di Tempat Istirahat dan Pelayanan KM 68 baik arah Merak maupun Jakarta ruas tol Tangerang-Merak.

Hal ini merupakan upaya antisipasi untuk mengurangi antrean lonjakan kendaraan dalam menghadapi arus Lebaran Tahun 2015 yang diperkirakan akan naik 8-9% dari tahun sebelumnya.

MMS  ASDP Siap Hadapi Arus Lebaran 2015

"MMS dalam melaksanakan tugasnya sebagai pengatur jalur lalu lintas jalan tol Tangerang – Merak memerlukan koordinasi ASDP Merak dalam memberikan informasi situasi dan kondisi Pelabuhan Merak serta jadwal buka tutup Dermaga", papar Rakhmatullah Manajer Pengaturan Lalu Lintas Informasi Operasional (PLL IO) MMS.

Hal serupa juga diutarakan oleh GM Operasional ASDP Merak Yanus Lentanga, menurutnya koordinasi sangat diperlukan karena arus mudik harus diamankan berbagai pihak, tidak hanya oleh pengelola pelabuhan. Misalnya, sebelum ke pelabuhan, sebagian besar kendaraan melalui jalan tol, sehingga diperlukan koordinasi dengan pengelola jalan tol agar tidak terjadi kemacetan. Demikian juga koordinasi dengan aparat keamanan.

Dalam memberikan layanan informasi tersebut MMS mengoptimalkan berbagai macam media komunikasi. Pada jalur utama di sepanjang tol Tangerang-Merak, MMS memiliki 9 unit Variable Message Sign (VMS) yang terpasang di KM 28, KM 30, KM 42 arah Merak, KM 60 arah Merak dan Jakarta, serta di KM 72 dan KM 98 arah Jakarta. 2 unit VMS diantaranya berkerjasama dengan Otoritas Pelabuhan Penyebrangan (OPP) Merak yaitu di KM 37 dan KM 66 arah Merak.

VMS berfungsi untuk mempercepat dalam memberikan informasi lalu lintas terkini dan hal-hal lain yang penting bagi pengguna jalan. Selain itu tersedia pula mobile VMS yang terpasang pada 2 unit kendaraan patroli MMS yang dapat menampilkan informasi seputar kondisi lalu lintas Tol Tangerang-Merak serta himbauan keamanan berkendara. Informasi lalu lintas Tol Tangerang-Merak pun bisa didapatkan pengguna jalan dengan mengakses website resmi MMS www.margamandala.co.id dan media sosial twitter @tol _MMS.

MMS terus berupaya meningkatkan pelayanan, tidak hanya sarana informasi, pemeliharaan jalan tol secara rutin, berkala dan peningkatan pun dilakukan. Koordinasi dengan berbagai pihak juga terus dilakukan. Dalam mewujudkan Tol Tangerang-Merak yang informatif, MMS memahami akan pentingnya sarana informasi bagi para pengguna jalan, dengan begitu pengguna jalan akan merasakan kelancaran, keamanan dan kenyamanan saat berkendara di Tol Tangerang-Merak.

Tol Tangerang-Merak, Menghubungkan Kehidupan Anda

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online