Walikota Depok Deklarasikan Depok Peduli Sampah

Walikota Depok Deklarasikan Depok Peduli Sampah

detakdepok.com -  Cilodong, Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail melaksanakan Deklarasi Depok Peduli Sampah di lapangan tembak Kostrad Cilodong pada hari Minggu, (09/03).

Deklarasi menuju Depok Bersih Sampah 2020 ini, merupakan tindak lanjut dari Deklarasi Sampah di Surabaya pada tanggal 24 Februari 2014 yang dihadiri oleh 30 Walikota, 5 Bupati, dan Menteri Lingkungan Hidup.

Deklarasi ini merupakan komitmen dari seluruh elemen masyarakat untuk :
1. Mengelola sampah yang dihasilkan oleh masyarakat dan dunia usaha agar tidak mencemari lingkungan hidup dan mengganggu kesehatan masyarakat.
2. Mendorong peningkatan upaya pengelolaan sampah melalui pelaksanaan 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle).
3. Mendorong pembudayaan 3R pada seluruh masyarakat dalam mengelola sampah dimulai dari diri sendiri.
4. Mengubah cara pandang masyarakat bahwa sampah bukanlah masalah akan tetapi sumber daya yang bermanfaat.
5. Menurunkan timbulan sampah dengan target sampah terolah melalui 3R minimal sebesar 20% pada tahun 2020.

Dalam sambutannya, Nur Mahmudi menjelaskan, bahwa seiring dengan pertambahan penduduk di Kota Depok, maka peningkatan aktivitas penduduk pun bertambah dan berdampak pula pada peningkatan jumlah timbunan sampah.

Tujuan deklarasi ini adalah meingkatkan upaya pengelolaan sampah di Kota Depok menuju "Depok Bersih Sampah 2020". Tujuan lain adalah meningkatkan kualitas lingkungan hidup, kesehatan masyarakat, serta kehidupan masyarakat, pembangunan berkelanjutan.

Deklarasi ini juga sebagai tindak lanjut dari amanat Undang - Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang pengelolaan sampah untuk membangun kerjasama strategis para pemangku kepentingan dalam pengelolaan sampah. (Dan)

Go to top

Copyright ¬© 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online