Print this page

5.353 Kertas Suara Pilgub Banten Ditemukan Rusak

5.353 Kertas Suara Pilgub Banten Ditemukan Rusak

detaktangsel.comKota TANGERANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang menemukan sebanyak 5.353 kertas suara untuk pemilu gubernur (Pilgub) Banten 2017 rusak. Kertas suara yang rusak ditemukan saat dilakukan penyortiran dan pelipatan kertas suara pada Senin (23/1/2017).

Divisi Logistik KPU Kota Tangerang Nurhalim mengatakan, kerusakan pada kertas suara diketahui pada saat dilakukan penyortiran pada Minggu (22/1/2017) dan rusaknya surat suara didominasi sobek, kena tinta serta mengkerut. "Kertas suara yang datang sebanyak 400 ribu dan pada Senin ini ada sebanyak 75.7199 lembar. Tiap satu dus berisi 8.000 lembar kertas suara. Kertas suara datang dari Pulo Gadung, Jakarta Tiur ke KPU Kota Tangerang pukul 11.00 wib siang tadi," katanya.

Sedangkan, kertas suara untuk braille bagi kaum penyandang disabilitas saat ini belum smapai ke KPU. Diperkirakan minggu-minggu tiba di kantor KPU. "Ya kita belum tahu jumlahnya. Yang jelas kita akan terus koordinasikan dengan KPU Provinsi Banten," tuturnya.

Sementara untuk logistik lainnya, seperti bilik dan kotak suara,KPU kota Tangerang akan memakai kotak dan bilik suara lama yang masih layak pakai. Dimana tiap masing-masing TPS di 13 Kecamatan se Kota Tangerang akan ada dua bilik suara dan satu kotak suara. "Saat ini kotak suara yang ada di KPU Kota Tangerang kurang lebih 2.500 dan pada hari penjoblosan nanti semuanya akan dipersiapkan tanpa ada kekurangan satu apa pun," pungkasnya.