BPBD Kota Tangerang Siaga Hadapi Potensi Banjir

Kadis BPBD saat di wawancarai di kantornya Kadis BPBD saat di wawancarai di kantornya

detaktangsel.com Kota TANGERANG - Guna menghadapi potensi bajir, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang sudah melakukan berbagai antisipasi.

Kepala BPBD Kota Tangerang, Irman Puja Hendra mengatakan telah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah, Badan Nasioal Penanggulangan Bencana (BNPB), BPBD Provinsi, TNI, Kepolisian, Tagana, dan Ormas untuk persiapan penanggulangan banjir.

"Kami sudah bahas pola penanganan dan sistem alurnya untuk melakukan simulasi penanganan banjir," ujar Irman saat ditemui di ruangannya, Kamis (22/1/2015).

Menurut Irman berdasarkan data 2014 terdapat 31 titik banjir yang tersebar di Kota Tangerang. Namun seiring normalisasi dan peninggian jembatan di tiga sungai, yakni Sungai Cirarap, Angke, dan Sabi oleh Pemkot Tangerang, pihaknya memperkirakan titik banjir bisa berkurang sampai 15 titik pada tahun ini.

Irman juga mengatakan, BPBD kota Tangerang akan menurunkan 400 personil yang akan ditempatkan di tiap posko siaga banjir di empat zona yakni UPTD Ciledug, UPTD Batu Ceper, UPTD Cibodas, dan UPTD Karawaci.

"Kita juga akan menerima bantuan dari personil Satpol PP. Selain itu sebanyak 300 personil dari unsur lainnya seperti Dishub, Kebersihan, Kepolisian, TNI, Ormas, semua siap bantu dalam penanganan banjir, " jelas Irman.

Selain itu, lanjut Irman, tiap personil dibagi tugas dan fungsinya, di antaranya pasukan untuk tim Search and Rescue (SAR), Manajemen Disaster, dan tim logistik. Ia juga menuturkan untuk Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan BPBD Provinsi telah siap memberikan bantuan logistik dan alat evakuasi.

Sedangkan untuk perlengkapan, BPBD Kota Tangerang telah menyaipkan 17 perahu karet, 12 perahu alumunium dan 14 mobil. "Perahu sudah kita sebar dan standby di tiap titik banjir," imbuhnya.

Meski BPBD Kota Tangerang baru berdiri pada 12 Januari 2015 namun Irman optimis dapat bekerja secara optimal. untuk itu ia sudah mengagendakan pelatihan siaga dan penanggulangan banjir kepada masyarakat di beberapa wilayah Kota Tangerang.

« August 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31  

Cuaca

No cities match your search query

Go to top