Toll Road Tourism Siswa-Siswi SDN Binaan MMS ke TolTangerang-Merak

Toll Road Tourism Siswa-Siswi SDN Binaan MMS ke TolTangerang-Merak

detaktangsel.comTANGERANG – Banten: Salah satu program unggulan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam bidang pendidikan yang dilakukan oleh PT Marga Mandalasakti (MMS) yakni melakukan pembinaan terhadap beberapa Sekolah Dasar Negeri (SDN) di sekitar jalan tol Tangerang-Merak khususnya di daerah Cikande yaitu SDN Maja, SDN Gorda, SDN Songgom Jaya, SDN Rancailat dan SDN Kosambi serta SDN Koper 2. Untuk memperoleh suasana belajar yang berbeda, keenam SDN binaan MMS tersebut mengikuti Toll Road Tourism ke Kantor dan Gerbang Tol Tangerang-Merak pada Selasa, 30 September 2014.

Saat ini industri pengelolaan jalan tol merupakan salah satu industri yang berkembang pesat. Salah satunya pada ruas tol Tangerang-Merak yang dikelola oleh MMS sepanjang 72,45 Km yang menghubungkan Tangerang Barat sampai Merak, ujung barat Pulau Jawa dan melalui 3 wilayah yaitu Tangerang, Serang dan Cilegon. Diharapkan dengan Toll Road Tourism yang diadakan oleh MMS dapat memberikan pengetahuan dan menambah wawasan bagi siswa-siswi SDN binaan MMSmengenai kegiatan utama dan proses bisnis pengelolaan jalan tol. Sebanyak 42 siswa dan 12 guru pendamping dari 6 SDN binaan berkesempatan untuk melihat secara langsung aktivitas-aktivitaspengelolaan jalan tol.

"SD binaan MMS sudah menjadi bagian keluarga bagi MMS. Kami ingin memperkenalkan lebih jauh tentang bisnis jalan tol. Setiap SD mengirimkan perwakilan untuk melihat lebih dekat jalan tol MMS , mulai dari gerbang Cikupa hingga Merak," ujar Rury Purwantoko, Manager Environment, Social &Responsibility dan Usaha Lain MMS.

Toll Road Tourism ini bertujuan memberikan suasana Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang berbeda dengan suasana belajar di sekolah. Siswa-siswi juga dapat melakukan pengamatan langsung terhadap objek yang dipelajari dan membuka wawasan tentang berbagai aktivitas utama antara lain pengumpulan tol dan manajemen lalu lintas serta pemeliharaan jalan tol. Toll Road Tourismmerupakan kegiatan pertama kali bagi siswa-siswi SDN binaan MMS sehingga diharapkan mereka mendapatkan pengalaman baru dalam belajar dan dapat memberikan dampak positif dengan mampu membangkitkan motivasi untuk bercita-cita lebih tinggi dan mengembangkan pikiran para siswa dalam belajar.

Selama kegiatan Toll Road Tourism siswa-siswi akan diajak berkeliling ke Kantor dan Gerbang Tol di Cikupa, Serang Timur, dan Merak. Pada kesempatan itu mereka akan melihat mekanisme kerja petugas pengumpul tol dan pengawas, melihat kendaraan patroli, ambulans, rescue truck dan tentunya ingin dicoba untuk dinaiki yaitu kendaraan sky lift. Setelah melihat ruangan Sentral Informasi dan Komunikasi (SIK) di kantor gerbang tol Serang Timur, pada akhir kunjungan siswa-siswi akan diajak ke Gerbang Tol Merak untuk melihat batas akhir tol MMS.

Tak hanya mengamati dan melihat langsung proses industri jalan tol, pada kegiatan ini siswa-siswi dilatih untuk belajar membuat laporan kunjungan pada bidang studi Bahasa Indonesia. Belajar untuk menulis dan menceritakan apa yang mereka lihat dan dipahami selama kegiatan Toll Road Tourism ke MMS.

"Mereka adalah agen perubahan. Diharapkan mereka dapat menjaga keberlangsungan jalan tol yang lancar, aman dan nyaman. Sebagai seseorang yang intelektual, mereka juga dapat mempengaruhi lingkungan ke arah yang jauh lebih baik lagi," ucap Rury menutup pembicaraan.

Terselenggaranya acara Toll Road Tourism ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT MMS ke-25 yang jatuh pada 4 Oktober dan agenda bulanan MMS yakniJournalist Goes to Toll Road (JOGET). MMS senantiasa memberi perhatian utama di bidang pendidikan dengan berlandaskan tekad untuk berperan serta dalam membangun masyarakat cerdas dan mandiri dalam upaya peningkatan kualitas kehidupan.

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online