WH Anggap Wajar Pilkada Melalui DPRD

detaktangsel.com TANGERANG - Hasil keputusan DPR-RI tentang pengesahaan Rancangan Undang-Undang (RUU) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) menjadi Undang-Undang (UU) Pilkada melalui DPRD menuai pro dan kontra yang sangat tajam.

Bahkan, Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pun berniat melakukan gugatan atas hasil keputusan itu kepada Mahkamah Agung (MA) /dan atau Mahkamah Konstitusi (MK).

Dalam voting suara di DPR-RI, barisan pendukung Presiden dan Wakil Presiden terpilih tampak sangat tidak berdaya menghadapi Koalisi Partai Penyeimbang Pemerintah, terlebih setelah Fraksi Demokrat memutuskan walk out dari ruang Sidang Paripurna DPR-RI.

Hasilnya, dari 361 anggota DPR-RI yang memberikan suara (voting) menghasilkan selisih yang sangat signifikan, yakni 135 suara untuk yang memilih Pilkada Langsung dan 226 suara untuk yang memilih Pilkada melalui DPRD.

Wahidin Halim (WH) mantan Walikota Kota Tangerang dua periode mengatakan, itulah realitas politik, yang sulit ditebak dan dinilai. Kalkulasi politik bukan seperti kalkulasi ekonomi atau kalkulasi hukum yang mudah ditebak dan dinilai.

"Persoalan niat baik atau niat busuk, soal ada udang dibalik batu atau batu dibalik udang, soal muka yang manis padahal hatinya busuk atau sebaliknya, juga soal manipulasi, tipu menipu, melanggar komitmen dan lainnya semuanya dijumpai dalam politik.Menurut saya, terhadap yang terjadi pada paripurna DPR yang menyetujui opsi Pilkada di DPRD kalau dalam perspektif Partai Demokrat adalah wajar dan justru berhasil sebagai partai penyeimbang" tuturnya lagi

Menurutnya, meskipun pilihan pribadi menghendaki Pilkada Langsung, namun itulah keputusan politik yang terbaik.

"Kalau sikap pribadi saya soal Pilkada sudah saya tegaskan bahwa saya setuju dan mendukung Pilkada Langsung oleh rakyat, seperti yang pernah saya alami selama menjabat Kepala Daerah. Pemimpin yang dihasilkan dari proses Pilkada Langsung selain memang untuk mewujudkan kedaulatan rakyat juga ada suasana batin tersendiri bersama rakyatnya," Katanya.

« December 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31          

Cuaca

No cities match your search query

Go to top