Cegah Penjualan Obat Bebas, Apoteker Wajib Ada di Apotik

 Dra.Lucy Sumarwatih Dra.Lucy Sumarwatih

detaktangsel.com TANGERANG - Sudah seharusnya tiap Apotik di Provinsi Banten memiliki seorang Apoteker disetiap apotik, yang bertugas menjelaskan jenis obat kepada Konsumen.

Masalah ini juga dilakukan untuk menghindari terjadinya praktek penjualan obat obatan secara bebas yang dilakukan oleh para oknum yang tidak bertanggungjawab.

Dra.Lucy Sumawatih ,Apt selaku ketua Perwakilan Daerah (PD) Ikatan Apoteker Indonesia Provinsi Banten, periode 2014-2018, mengatakan bahwa masih banyak apotik yang tidak mempekerjakan para apoteker di apotik yang mereka kelola,kita sudah beberapa kali mensurvei apotik namun tidak terlihat seorang apotekernya hanya papan nama saja yang tertulis Apoteker A dan Apoteker B.

"Seharusnya dalam setiap apotik para petugas/pelayan didampingi oleh seorang apoteker yang memakai seragam putih dengan disertai papan nama diseragamnya" katanya, Sabtu (20/9).

Dimana tugas apoteker tersebut sebetulnya memberikan penjelasan sedetil detilnya mengenai obat yang akan dibeli oleh masyarakat ,dengan resep atau tanpa resep .

Masih katanya, sesuai dengan Undang Undang No.51 tahun 2010 dikatakan bahwa Apoteker berpraktek ditiap Apotik sesuai dengan tupoksinya, mengutamakan profesi sebagai Apoteker.

Karena ada tiga kategori obat yang harus diketahui oleh para pembeli , obat yang berwarna hijau bisa dijual secara bebas, obat berwarna Biru harus dengan resep dokter sedangkan untuk kategori obat berwana Merah dan bertulik huruf K merupakan obat keras bisa dijual di apotik yang harus ada apoteker.

Ini yang harus diberikan penjelasan oleh seorang Apoteker ke masyarakat yang membeli obat di Apotik agar mereka mengerti dan paham dengan obat yang dibelinya.

" Saya berharap kedepannya di tiap apotik memiliki apoteker dan ini merupakan PR untuk saya, dan sekarang juga kita sudah melakukan pembenahan disetiap apotik agar bisa mematuhi peraturan yang ada." ujarnya.

Lucy Sumarwatih, meminta kepada anggota dari PD IAI Provinsi Banten untuk senantiasa bersama sama bekerjasama dalam meningkatkan kinerja para anggotanya di PD maupun di PC masing masing, untuk saling berkomunikasi secara intens guna kelancaran serta kemudahan dalam bekerja.

" Saya berharap kedepannya di tiap apotik memiliki apoteker dan ini merupakan PR untuk saya selaku ketua terpilih periode 2014-2018, dan sekarang juga kita sudah melakukan pembenahan disetiap apotik agar bisa mematuhi peraturan yang ada," tukasnya.

« August 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31  

Cuaca

No cities match your search query

Go to top