Pasar Lama Akan Di Sulap Menjadi Wisata Kota Lama

detaktangsel.com TANGERANG - Pasar Lama yang berada di Jl.Kisamaun Kota Tangerang akan di sulap Pemerintah Kota Tangerang menjadi Wisata Kota Lama,tentunya dengan dibantu oleh beberapa stakeholder bersangkutan, Jumat (19/9).

Melihat dari banyaknya peninggalan bersejarah pada abad 17 yang ditinggalkan oleh para pendatang yang sempat menjajakan kakinya di Kampung Kalipasir Pasar Lama, konon ceritanya melewati sungai Cisadane kemudian menetap , memang sudah sepantasnya Pasar Lama Kampung Kalipasir dijadikan Wisata Kota Lama.

Hudaya dari Benteng Heritage mengatakan Selain banyaknya peninggalan bersejarah,pasar lama juga dikenal masyarakat luas sebagai pasar tradisional yang lengkap ,juga sebagai pasar makanan dimana pasar lama banyak menyajikan beranekaragam kuliner dari makanan khas pasar lama sampai dengan berbagai macam jenis makanan kue dan masakan lainnya.

Pasar Lama berdenyut tiap harinya tanpa henti, kurang lebih 24 jam setiap harinya pasar ini seperti tidak Ada matinya,dari Subuh para masyarakat sudah bersiap berjualan di Pasar lama hingga siang hari, dari siang sampai dengan tengah malam pasAr ini tetap hidup seperti tak mengenal lelah,katanya.

Selanjutnya menurut Said Hendrawiyanto dari Bapedda Kota Tangerang menjelaskan,dari sanalah gagasan untuk mewujudkan Wisata Kota Lama timbul, pihaknya akan melakukan penataan di area Pasar Lama dengan membagi menjadi 3 zona nantinya.

Peninggalan bersejarah berupa Masjid Jami Kalipasir yang keberadaannya tidak jauh dari Kelenteng Boen Tek Bio, Pasar Lama dan Museum Benteng Heritage dan masih berdiri kokoh sampai saat ini ,merupakan bukti bersejarah dari abad 17.

" Nanti kita akan melakukan penataan sedikit demi sedikit mulai dari kawasan Pasar Lama , Stasiun Kereta Api, Kawasan Kuliner dari Jl.Kalipasir,Jl.Kisamaun ,Pasar Anyar kembali lagi ke Jl.Kisamaun, ini yang nantinya akan kita tata menjadi Kota Wisata Pasar Lama," katanya.

Dalam hal ini kita akan menciptakan
Wisata Kota Lama dimana Budaya sebelumnya memang sudah ada ,dengan penataan yang rapi tanpa menghilangkan budaya itu sendiri, bukannya menciptakan bangunan baru kemudian kita tata menjadi kota tua, nantinya Pasar Lama akan menjadi Kota Hijau yang ramah lingkungan.

Ada 9 petak yang akan kita lakukan penataan di kawasan pasar lama ,dimana didalamnya selain ada pasar ada tempat beribadahnya, yang akan kita tonjolkan di Wisata Kota Lama ini adalah kerukunan umat beragamanya yang sangat kental, dari abad 17 sampai dengan saat ini kerukunan tersebut masih terjaga dengan baik.

Dimana di Kampung Kalipasir Pasar Lama terdapat 2 buah tempat peribadatan yang berbeda agama yakni adanya Masjid Jami Kalipasir yang keberadaannya tidak jauh dari Klenteng Boen Tek Bio.

Diatas tanah seluas 18,7 luas Pasar lama kita akan tata dAn bangun insfrastruktur dengan rapih serta penambahan PJU di sekitar Pasar lama,penataan akan kitA lakukan didalam pasar terlebih dulu,dengan menempatkan para pedagang dengan menggunakan meja yang lebih kekar dan bagus dari biasanya
" Ya ,kita akan tambah PJU dan sAluran air didalam pasar sehingga penataannya akan lebih baik lagi," tuturnya .

Penataan ini nantinya akan membutuhkan waktu kurAng lebih dua tahun,namun untuk menjadikan Pasar Lama menjadi Heritage City membutuhkan waktu lebih dari dua tahun.

Untuk itu pihaknya meminta kepada perwakilan dari warga Kalipasir Pasar Lama maupun masyarakat Kota Tangerang yang hadir untuk sama sama mendukung serta bekerjasama dengan Pemerintah Kota mewujudkan Pasar lama sebagai Wisata Kota Lama dimana nantinya Pemkot akan tetap mempertahankan masyarakat dan budayanya.

Tanpa adanya kerjasama dari masyarakat dan stakeholder yang ada,Wisata Kota Lama tidak akan mudah terwujud .

« April 2020 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30      

Cuaca

No cities match your search query

Go to top