Dinkes Kabupaten, Gelar Lomba Balita Indonesia Tingkat Kabupaten Tangerang

Dinkes Kabupaten, Gelar Lomba Balita Indonesia Tingkat Kabupaten Tangerang

detaktangsel.com- TANGERANG, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang menggelar Lomba Balita Indonesia (LBI ) tingkat Kabupaten Tangerang tahun 2014, yang di gelar di Aula Pendopo Jl.Kisamaun Kota Tangerang, Selasa (10/6).

Perlombaan ini bertema 'kita optimalkan pertumbuhan dan perkembangan pada 1000 hari awal kehidupan dan Balita untuk menjadi generasi yang beriman, sehat dan cerdas menuju masa depan gemilang'.

Sekitar 58 peserta LBI dari dua kategori yang ikut dalam lomba ,dari 29 Kecamatan di Kabupaten Tangerang, masing masing Kecamatan mengirim 2 peserta 58 peserta, 1 kecamatan dua (2) peserta dikirim untuk mengikuti lomba LBI tingkat Kabupaten.

Para peserta yang ikut perlombaan ini merupakan peserta lomba yang menang ditingkat Kecamatan ,yang nantinya akan diikutsertakan kembali pada lomba tingkat Provinsi.

"Ada dua kategori yang diperlombakan yaitu anak sehat kategori satu (1) usia 6-24 bulan dan kategori dua (2) 2-5 tahun, tujuannya untuk mendorong tumbuh kembang anak, kegiatan ini sebagai metode saja," tukas Dr. Sherly Kabid Dinkes selaku ketua panitia.

Dikatakan bahwa, peserta yang masuk nominasi di lihat dari pemeriksaan gizi, gigi dan tumbuh kembang anak optimal atau tidak, untuk si ibu nya pun diberikan beberapa pertanyaan, hal ini dilakukan untuk mengetahui wawasan sang ibu, katanya lagi.

Sementara Ibu Bupati Tri Hesti Yulianti dalam sambutannya mengatakan, bahwa dengan di adakannya acara yang bertema kita optimalkan pertumbuhan dan perkembangan 1000 hari awal kehidupan maksudnya adalah supaya kita para kaum Ibu harus lebih memperhatikan pertumbuhan janin diawal kehidupan dari masa kandungan sampai umur 2 tahun, hal tersebut kita lakukan agar perkembangan janin bisa tumbuh secara optimal, jika gizinya tidak bagus akan mempengaruhi tingkat kecerdasan anak dimasa yang akan datang dan tumbuh secara optimal, tuturnya

Hesti juga menambahkan bahwa kita kaum Ibu sekarang ini harus benar benar bisa menjaga anak dengan baik,bukan saja dari hal gizi ,ada beberapa hal yang harus kita perhatikan juga melihat sekarang banyak kasus yang terjadi terhadap anak,khususnya pelecehan seksual terhadap anak.

"Untuk itu kita sebagai ibu,sebaiknya memberikan perhatian dan kasih sayang yang tulus ,dengan mendekatkan diri kita terhadap anak layaknya teman ,itu bisa membantu dan saya rasa hal tersebut bisa lebih efektif dalam mengetahui perkembangan anak kita dan anak akan lebih terbuka, " tuturnya.

Rani orangtua dari Refi (3)thn peserta lomba anak kategori dua Kecamatan Sukamulya Kabupaten Tangerang merasa senang bisa menang dan ikut sampai tingkat Kabupaten, mudah mudahan anak saya kali ini menang lagi, agar bisa mengikuti lomba ke tingkat Provinsi.

"Semenjak ikut acara ini, anak saya sering nyanyi di rumah, lebih aktiflah dari sebelumnya,"katanya bangga.

Adapun hadiah yang di perebutkan berupa uang,piala,hadiah hiburan dan parcel untuk tiap tiap pemenang, untuk juara 1 mendapatkan uang Rp.4 juta, juara 2 mendapatkan uang Rp.3,5 juta, juara 3 mendapatkan uang Rp.3 juta. Juara harapan 1 Rp.2,5 juta, Juara harapan 2 Rp.2 juta, Juara harapan 3 Rp.1,5 juta, untuk kedua kategori lomba LBI.

Acara yang dibuka oleh ketua PKK Kabupaten sekaligus istri dari Bupati Kabupaten Tangerang, dihadiri juga oleh Ibu ibu pengurus PKK Kabupaten, 43 kepala Puskesmas dan Kadis Kesehatan Dr. Nenie Isnaini beserta jajarannya.

Go to top

Copyright ¬© 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online