Merasa Tak Ditanggapi, SBM PT. Lautan Nusantara Semesta Berunjuk Rasa

Merasa Tak Ditanggapi, SBM PT. Lautan Nusantara Semesta Berunjuk Rasa

detaktangsel.com - TANGERANG, perwakilan dari Syarikat Buruh Merdeka (SBM) PT.Lautan Nusantara Semesta berunjuk rasa di depan kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Tangerang , Unras tersebut dilakukan karena tidak ada tanggapan dari pihak Disnaker, Senin (26/5).

Berawal dari tidak disetujunya PT. Lautan Nusantara Semesta dengan adanya serikat yang di bentuk oleh para buruh, pihak perusahaan menunjukan sikap anti demokrasinya dengan adanya serikat buruh,padahal jelas dan tegas bahwa berorganisasi dan mendirikan serikat buruh telah dijamin dan di lindungi oleh negara.

Tindakan anti serikat di PT.Lautan Nusantara Semesta yang tidak Demokratis ini di tunjukan dengan menolak audensi karena beberapa kali kami melayangkan surat audensi selalu saja ditolak oleh management perusahaan, dengan kejadian tersebut malah pihak perusahaan telah melakukan PHK sepihak terhadap ketua dan Divisi Hukum dan Advokasi Serikat Buruh Merdeka (SBM) PT.Lautan Nusantara Semesta dengan alasan telah memprovokasi aksi mogok yang telah kami lakukan pada tanggal 2 Mei 2014 yang dianggap Elegal oleh perusahaan ,padahal aksi tersebut jelas sah secara hukum karena berkaitan dengan hak normative.

Kita juga sudah memberikan surat kepada pihak Disnaker terkait mogok kerja yang akan kita lakukan pada tanggal 20 Mei terkait permasalahan yang terjadi di perusahaan, padahal surat tersebut kita berikan ke pihak Disnaker jauh sebelum tanggal 20,namun sampai saat ini belum ada perwakilan dari pihak Disnaker yang datang ke pihak SBM untuk memecahkan permasalahan yang ada.

"Untuk itu kita datang ke Disnaker melakukan unjuk rasa (Unras) mengadukan tuntutan kita para buruh," tutur Ade selaku Humas SBM dalam aksi tersebut.

"Kami para buruh menuntut kedua teman kami yang sudah di PHK di pekerjakan kembali, berikan SK karyawan kepada kami dan berikan upah yang layak kepada kami," tambah Ade.

Sementara menurut Kadisnaker Abduh menjelaskan pihaknya bukannya tidak menanggapi buruh yang tergabung dalam serikat buruh merdeka (SBM), terbukti tadi mereka sudah kita pertemukan dengan pihak Perusahaan untuk mediasi di kantor Disnaker Kota Tangerang, tegasnya.

"Kalau ada yang bilang bahwa pihak Disnaker tidak menanggapi mereka, itu tidak benar. Kalau mereka bilang tidak ditanggapi, lalu apa makna kami undang mereka datang ke Disnaker untuk mediasi," katanya.

"Menurut saya tadi itu bukannya Unras, tapi bentuk dukungan terhadap mediasi yang sedang berjalan, memang biasanya mereka mengajak teman temannya sebagai supporter," tukas Kadisnaker.

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online