Print this page

Pekan Panutan Penyampaian SPT PPh Orang Pribadi Via e-filling

Pekan Panutan Penyampaian SPT PPh Orang Pribadi Via e-filling

detaktangsel.com - TANGERANG,Walikota Tangerang H Arief R Wismansyah menyerahkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Penghasilan (PPH) 2013 melalui elektronic filing (e-filing) ke Perwakilan Kantor Wilayah Pajak Provinsi Banten. Acara tersebut diselenggarakan di Ruang Rapat Asda III Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, Selasa (25/3) .

Arief menyambut baik inovasi yang dilakukan Direktorat Pajak terkait program e-filing. Dengan sistem ini, masyarakat akan lebih mudah, cepat, dan aman memenuhi kewajiban membayar pajak.

"Masyarakat juga enggak usah nunggu dan antre untuk bayar pajak. Justeru masyarakat bisa mengakses dari rumah," tegasnya.

Seiring perkembangan teknologi, sistem online sudah menjadi kebutuhan masyarakat. seperti halnya Pemerintah Kota Tangerang juga telah melakukan sistem online dalam pelaksanaan program pembangunan. Sebagai contoh proses pengadaan lelang barang dan jasa di Pemkot sudah menggunakan layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) sejak 2010.

"Ada pelayanan pajak melalui e-filling dapat memudahkan masyarakat dalam memenuhi kewajiban membayar pajak,"tuturnya.

Sementara itu, Kepala KPP Pratama Wilayah Timur Harmirin mengatakan, sosialisasi dilakukan dalam rangka pengenalan SPT masa PPh pasal 21/26 dan SPT Tahunan secara elektronik kepada wajib pajak. Selain itu, sosialisasi ini bertujuan mendukung program 'Go Green' yang diusung Direktorat Pajak. Dengan meyakini bahwa SPT secara elektronik (online) akan meminimalisir penggunaan kertas oleh wajib pajak maupun KPP sendiri.

Penyerahan SPT tersebut diterima langsung perwakilan Kantor Wilayah Pajak Provinsi Banten, Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Wilayah Timur Ibu Harmirin dan KPP Pratama Wilayah Barat I Ketut Bagiarta. (ades)