Meriahnya Festival Cap Gomeh

Meriahnya Festival Cap Gomeh

detaktangerang.com - TANGERANG, Kirab Budaya Festival Perayaan Cap Gomeh 2565 atau disebut awal  Tanam dirayakan oleh warga turunan Thiong Hoa ,acara perayaan yang dirayakan setelah 15 hari  merayakan Imlek tersebut berlangsung meriah, minggu (1  6/2).

Perayaan yang diadakan oleh warga keturunan ThiongHoa bekerjasama dengan Ormas Nasdem  kota Tangerang  tersebut di ikuti oleh perwakilan dari Bio yang ada di kota Tangerang dan beberapa kota lainnya seperti halnya Bio Bekasi, Surabaya dan kota lainnya.

Menurut ketua pelaksana Jhony acara yang berlangsung tersebut guna meruat Bumi dari malapetaka dan bala, rencananya kami akan berkeliling Perumahan Banjar Wijaya dan Perumahan Royal dengan Star awal dari Perumahan Banjar Wijaya Jl.Lantana II sampai dengan perumahan Royal I berputar balik depan DPD Ormas Nasdem kembali menuju Perumahan  Banjar Wijaya.   

Tujuan di adakannya acara ini untuk meruat Bumi untuk menghindari malapetaka, kita akan berkeliling dengan 12 tandu yang setiap tandunya ada dewa dan dewi para Suci (Kimsin). Kami dalam acara ini mengundang 24 undangan Bio dari dalam dan luar kota,untuk merayakan arakan Patung Dewa Kim Sin atanya.

Ada 24 Bio yang di undang untuk merayakan arakan Patung Dewa (Kim sin),katanya.

Acara tersebut juga dimeriahkan dengan marcingband ,Barongsai dan Naga besar yang turut di arak oleh Dewi Kwan In dan Jendral macan Hitam sesuai cerita bangsa Thionghoa,  ini merupakan salah satu budaya Cina Benteng (CIben), sebelum mengadakan acara arakan tersebut kami melakukan ritual terlebih dahulu,yaitu ritual permohonan kepada Tepekong .Arakan tersebut bertujuan untuk tolak bala,agar  masyarakat kota Tangerang hidup rukun antar umat beragama ,dengan tidak ada kesenjangan , aman dan Sejahtera, tambahnya.

Menurut Gusri Effendi selaku ketua ormas  Nasdem menambahkan bahwa ormas Nasdem dalam mengikuti acara ini hanya untuk memastikan bahwa di Indonesia khususnyTangerang bahwa ke Bhineka tunggal ikaan masih ada dan berjalan dengan baik sama seperti kader kader Nasdem dalam menjalankan Bhineka Tunggal Ika tersebut,sebab masih banyak Diskriminatif kita temukan untuk itu ormas Nasdem merupakan Garda terdepan untuk mempertahankan dan mengembangkan kebhinekaa.
" karena yang saya lihat sekarang bangsa kita mulai sakit, banyak yang sudah melupakan Bhineka Tunggal Ika, untuk itu ormas Nasdem ikut dalam kirab budaya Cap go meh ini ." ujarnya.

Sementara menurut Kapolsek Cipondoh Kompol.Maryanto mengungkapkan dalam acara tersebut beliau menurunkan 75 personil dari polsek Cipondoh guna pengamanan.
" Personil saya turunkan guna menjaga keamanan dan mengatur lalu lintas di jalan,karena arakan ini akan melintas di jalan raya juga  supaya tidak ada kejadian yang tidak diinginkan," tandasnya.(Des)

Go to top

Copyright ¬© 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online