Kementerian PU Anggarkan 1,9 Trilyun Normalisasi kali

detaktangsel.com - TANGERANG, Terkait usulan walikota Tangerang Arief R Wismansyah untuk melakukan normalisasi beberapa kali di kota Tangerang,seperti halnya kali Angke,kali Sabi,kali ledug dan kali Cisadane, akhirnya mendapatkan persetujuan dari Kementerian Pekerjaan Umum (PU), selasa (28/1).

Kesepakatan ini terjadi kemarin senin tanggal 27/1 saat pertemuan yang diadakan dikantor Kementerian PU Jakarta,yang dihadiri oleh beberapa kepala daerah di Propinsi Banten Jawa Barat dan DKI Jakarta,dimana pertemuan tersebut di pimpin langsung oleh Menteri Pekerjaan Umum (PU) Joko Kirmanto.

Kesepakatan dengan menteri Pekerjaan Umum (PU) kaitan dengan penanganan banjir diwilayah Jabodetabek,dimana hulunya kali Cisadane dan Ciliwung. Untuk masalah banjir itu sendiri dibagi 3 wilayah yakni Barat,Tengah,Timur. Khusus  kota Tangerang masuk ke wilayah barat yaitu kali Cisadane , menteri juga sudah sepakat untuk kota Tangerang yakni menormalisasikan kali Cisadane ,sesuai dengan pantauan pak Dirjen Sumber Daya Air Moh.Hasan normalisasi untuk kota Tangerang akan mulai dilakukan tahun 2015 dengan anggaran 1,9 Triliyun .

Normalisasi tersebut akan dimulai dari Hilir Kabupaten yaitu Tanjung Burung sampai dengan kota Tangerang. Untuk pembebasan lahannya pak menteri menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintah daerah . Terkait hal tersebut, pemerintah kota sekarang sedang mempersiapkan pelaksanaan normalisasi dan akan dilakukan sosialisasi kepada masyarakat kota Tangerang . Anggaran sebesar 1,9 triliyun tersebut untuk normalisasi kali Cisadane dari Hilir ke Hulu ,untuk tahun 2015 sampai dengan 2018.

Walikota mengatakan bahwa, normalisasi Kali Angke mendesak untuk segera diselesaikan mengingat efektifitas program tersebut dalam mengurangi bencana banjir di daerah Ciledug.
Walikota juga mengharapkan Kementrian PU untuk bisa menganggarkan perbaikan 2 pintu air di bendung Pasar Baru (Pintu Air 10), selain juga pintu air yang mengarah ke Kali Mookervart. "Pintu air tersebut sudah lama tidak berfungsi dan kami sudah lama mengusulkan perbaikannya."kata Walikota.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum (PU) Joko Kirmanto, berjanji kepada para Kepala Daerah untuk segera menindaklanjuti usulan terkait Kali Angke dan Kali Ledug serta Kali Sabi sudah masuk ke program normalisasi kali di tahun ini,Katanya.

Walikota Arief R Wismansyah  hadir bersama Bupati Tangerang, Walikota Depok, Bupati Tangerang dan Bupati Bogor, serta Bupati Bekasi menyampaikan bahwa perencanaan infrastruktur penanganan banjir di wilayah Jabodetabek perlu melibatkan berbagai pihak. "Kami meminta kepada Kementrian PU untuk melanjutkan kembali proses normalisasi Kali Angke yang sat ini sudah mencapai 60 %. "Katanya juga. (Des)

« January 2020 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31    

Cuaca

No cities match your search query

Go to top