Ritel Modern Wajib Sediakan 80 Persen Produk UMKM

Ritel Modern Wajib Sediakan 80 Persen Produk UMKM

detaktangsel.com TANGSEL - Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendorong produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Tangsel untuk dipasarkan di ritel modern.

Direktur Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri pada Kementerian Perdagangan Noviani Vrisvimtati mengatakan, saat ini tercatat 4.000 produk UMKM yang sudah masuk di ritel modern. Untuk tahun depan ditarget 6.000 UMKM sudah dipasarkan di ritel modern.

"Kami mendorong pelaku UMKM untuk bisa masuk pasar ritel modern seperti Carrefour, Superindo dan lainnya," katanya ditemui usai Temu UMKM dengan Ritel/Toko Modern di Hotel Grand Zury BSD, Serpong, Selasa (29/11).

Menurut Noviani, pihaknya terus mencoba untuk mengembangkan UMKM yang memiliki potensi untuk bisa digenjot ke pasar ritel modern. Untuk itu, Pemkot Tangsel juga didorong untuk terus mempromosikan dan mengembangkan produk UMKM.

"Kalau untuk Kota Tangsel dari ratusan UMKM, produk yang sudah masuk baru 20 persen," ujarnya.

Pelaku UMKM saat ini, sambung Noviani terkendala standarisasi di toko ritel itu sendiri. Seperti kemasan, izin edar, label halal serta kontinuitas produk. Ia menyontohkan Untuk berdaya saing dengan produk luar negeri, kemasan harus menarik dan dilengkapi label expired.

Untuk penjualan produk UMKM sudah diatur di Permendag Nomor 70 tahun 2013 tentang Pedoman Penataan Pasar Tradisional dan Pusat Toko Modern. Di aturan ini, disebutkan mewajibkan pusat perbelanjaan modern menjual 80 persen.

"Produk UMKM harus dapat berdaya saing dengan produk luar negeri. Makanya, kita dorong pelaku UMKM untuk terus berinovasi," terangnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangsel Muhamad mengatakan, produk UMKM dari kota dengan tujuh kecamatan ini yang sudah masuk ke ritel modern sudah mencapai 50."Di pusat perbelanjaan dan hotel sudah disediakan gerai untukproduk UMKM. Kebanyakan produk kuliner dan garmen," ujarnya.

Untuk lebih mengembangkan produk UMKM, sambung pria yang jugamenjabat Plt Sekda Kota Tangsel ini membantu pemasaran, kemasanserta peralatan produksi."Sejumlah produk dari Kota Tangsel juga sudah di ekspor ke berbagai negara," tandasnya

Go to top

Copyright ¬© 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online