PVBMG Sebut Bencana Tanah Longsor di Setu Disebabkan Dua Faktor

 Tim PVMBG dari Kementrian ESDM saat meninjau lokasi bencana Koceak Tim PVMBG dari Kementrian ESDM saat meninjau lokasi bencana Koceak Hendra

detaktangsel.com SETU-Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM) mulai lakukan penelitian dan pengkajian dilokasi bencana longsor di Kampung Koceak, Setu, Kota Tangsel.

Ketua tim PVMBG Imam Santosa mengungkapkan, longsor yang terjadi di Kampung Koceak, merupakan salah satu bencana geologi yang disebakan dua faktor. Yakni faktor kontribusi manusia yang melakukan aktifitas pekerjaan di masa lalu dan faktor alam dengan cuaca ekstremnya sejak beberapa hari ini. Sehingga, gabungan kedua faktor tersebut menjadi salah satu pemicu longsor. "Salah satunya disebabkan oleh kontribusi pekerjaan oleh manusia dan alam," katanya pada Rabu (17/5/2017).

Menurutnya, dari interview yang dilakukan tim geologi dengan warga, terungkap jika lokasi tanah longsor tersebut pernah ada penggalian tanah. Penggalian tanah yang terjadi pada dekade 80-90an itu, menyebabkan terjadinya tebing-tebing yang cukup tinggi. Dimana, pada tebing yang cukup tinggi itu dibangun tempat tinggal warga. Akibat banyaknya perumahan warga, maka menambah beban berat tanah diatas tebing tersebut. "Jadi, pengerukan yang dilakukan pada 15-20 tahun lalu, kejadiannya baru sekarang yang dampaknya dirasakan warga," tuturnya.

Selain itu, pemotongan tanah yang tidak memperhatikan kaidah-kaidah geo tehnik. Karena, pemotongan tanah yang dilakukan hingga mencapai sudut 40-50 derajat itu, sudah sangat berbahaya. Jika sudah seperti itu, kata Imam, maka tinggal menunggu waktunya saja. Sebab, terjadinya longsor diawali adanya gejala retakan pada tanah. "Apalagi cuaca saat ini curah hujannya besar, air masuk melalui retakan tanah kemudian rembas kedalam, jadi kalau kita bilang, tinggal menunggu waktunya saja," pungkasnya.

 

Go to top

Copyright ¬© 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online