Gelar Apel Siaga, Ribuan Warga Tangsel Siap Awasi Pemilu 2019

Gelar Apel Siaga, Ribuan Warga Tangsel Siap Awasi Pemilu 2019

detaktangsel.com SETU--Pemilu 2019 mendatang saat ini masuki masa-masa kampanye oleh partai politik peserta Pemilu. Namun, untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran-pelanggaran sepanjang pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan ini, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar apel siaga bersama ribuan relawan pengawas Pemilu di lapangan Kecamatan Setu, Sabtu (22/9/2018).

Dalam apel siaga tersebut, nampak hadir perwakilan warga dari 50 kelurahan yang ada di Tangsel, mahasiswa, organisasi kepemudaan, perwakilan partai, organisasi non pemerintah serta lembaga keagamaan yang ada di Kota Tangsel.
Ketua Bawaslu Kota Tangsel Muhamad Acep mengatakan, bahwa digelarnya apel siaga Pemilu 2019 itu, agar masyarakat benar-benar terlibat langsung dalam mewaspadai pelaksanaan Pemilu.
"Kami ingin masyarakat sadar pemilu dan sadar dalam pengawasan pelaksanaan pemilu nanti," kata Acep.
Menurut Acep, ribuan relawan pengawas Pemilu yang efektif mengawasi jalannya kampanye sejak 23 September ini, harus bisa melakukan deteksi dini hal-hal terjadinya pelanggaran Pemilu. Selanjutnya, dari pendeteksian tersebut bisa dilaporkan ke Bawaslu Tangsel untuk ditindaklanjuti.
"Tetapi mereka bisa juga jadi pelapor jika ada pelanggaran pemilu, dia bisa melaporkan kepada kami. Tapi kalau mereka tidak mau jadi pelapor, mereka cukup menyerahkan laporan saja, nanti Bawaslu yang akan menindaklanjuti laporan relawan ini," ungkap Acep.
Sementara itu, Divisi Penindakan pada Bawaslu Provinsi Banten, Badrul Munir, mengatakan bahwa Pemilu 2019 mendatang, tidak hanya mengandalkan fungsi Bawaslu sebagai lembaga yang mengawasi jalannya Pemilu. Akan tetapi, dalam pengawasan Pemilu, masyarakat harus juga dilibatkan agar Pemilu tahun depan berlangsung jujur dan adil.
"Jadi dalam penanganan pelanggaran-pelanggaran hukum dalam pelaksanaan pemilu, posisi masyarakat bisa jadi pelapor. Bahkan masyarakat juga bisa mengsengketakan peserta pemilu. Jadi penting peran masyarakat dalam pengawasan pemilu dalam menciptakan pemilu yang jujur dan adil," tandasnya.

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online