Hasil Perbaikan DPT, Ribuan Data Pemilih Ganda Ada di Tangsel

Hasil Perbaikan DPT, Ribuan Data Pemilih Ganda Ada di Tangsel

detaktangsel.com SERPONG--Pasca rekomendasi yang dikeluarkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI soal masih adanya pemilih yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) diseluruh Indonesia dengan jumlah mencapai jutaan pemilih, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu Kota Tangsel kembali melakukan pencermatan terhadap DPT yang belum lama ini ditetapkan.

Dalam rapat pleno DPT Hasil Perbaikan di Sekretariat KPU Kota Tangsel itu, juga disaksikan oleh Liaison Officer (LO) dari masing-masing partai politik yang ada ditingkat Kota Tangsel.

Dan dari hasil pencermatan KPU Kota Tangsel, ditemukan sebanyak 5814 pemilih dinyatakan pemilih ganda. Kemudian, dari 5814 itu, KPU menyatakan ada 3881 pemilih yang dinyatakan ganda. Tak berhenti sampai disitu, jumlah 3881 pemilih ganda tersebut, KPU Tangsel pun melakukan perbaikan hingga harus menghapus sebanyak 1879. Dalam pleno itu pun tidak hanya menghapus pemilih ganda, tetapi ada pemilih tambahan yang merupakan hasil perbaikan berjumlah 149 pemilih.

"Setelah kami lakukan pencermatan dan perbaikan selama 10 hari kerja ini, akhirnya kami plenokan jumlah DPT Hasil Perbaikan sebanyak 839.464. Sedangkan sebelumnya jumlah DPT yang kami tetapkan beberapa waktu lalu yaitu sebanyak 841.194. Jadi ada pengurangan jumlah pemilih setelah dilakukan perbaikan ini,” kata Ketua KPU Kota Tangsel, Bambang Dwitoro di Serpong, Kamis (13/9/2018).

Bambang jelaskan, dari penelusuran yang dilakukan KPU, terdapat data ganda yang ditemukan seperti adanya Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nama, serta data peribadi lainnya yang dinyatakan sama.

"Dari rekomendasi ini, kami telusuri lagi, ada NIK,nama dan identitas lainnya yang sama atau ganda. Itu yang langsung kami lakukan perbaikan,” ungkapnya.

Menanggapi adanya DPT Hasil Perbaikan tersebut, beberapa LO partai politik yang hadir berharap agar kedepannya tidak ada lagi permasalahan terkait data pemilih untuk Pemilu 2019 nanti.

Seperti yang dikatakan oleh LO DPD Partai Golkar Kota Tangsel, Taufik Kurahman yang menyatakan agar di Kota Tangsel untuk persoalan DPT tidak lagi ada masalah.

"Semoga saja tidak ada masalah lagi untuk DPT ini, karena bagi partai politik, DPT yang valid itu sangat penting. Dan kami jgua berterimakasih kepada Bawaslu dan KPU yang langusng melakukan perbaikan terhadap DPT ini,” tandasnya.

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online