Layani Tes Kesehatan Caleg, PDIP Apresiasi RSU Tangsel

Layani Tes Kesehatan Caleg, PDIP Apresiasi RSU Tangsel

detaktangsel.com PAMULANG--Ratusan calon legislatif (caleg) dari Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dari beberapa partai peserta Pemilu 2019 mendatang, memenuhi ruang pemeriksaan Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tangsel. Mereka melakukan general check up (pemeriksaan kesehatan menyeluruh) sebagai salah satu syarat pencalonan untuk tingkat pusat, provinsi dan DPRD Kota Tangsel.

Pantauan saat berlangsungnya pemeriksaan di lantai 4 dan 5 RSU itu, para Caleg terpaksa harus antri untuk melakukan pemeriksaan. Sedangkan pemeriksaan kesehatan menyeluruh kepada Caleg, diantaranya meliputi laboratorium, rontgen, THT, mata dan kejiwaan. 

Direktur RSUD Kota Tangsel Suhara Manullang mengatakan, dalam check up tersebut, para Caleg dikenakan tarif Rp,570 ribu per orang untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh.

"Tes kesehatan ini tidak gratis, dipungut biaya sebesar Rp 570 ribu per caleg untuk pemeriksaan kesehatan lengkap, baik narkotika, kejiwaan, rontgen dan lainnya,” katanya menjelaskan kepada wartawan, Kamis (28/6/2018).

Dia juga mengungkapkan, pemeriksaan kesehatan sudah berlangsung sejak dua hari lalu dan akan berakhir pada  29 Juni 2018 besok. Sebab, pada 30 Juni para caleg yang sudah melakukan pemeriksaan kesehatan harus menyerahkan hasil tes kesehatan ke KPU sebagai syarat pencalegan.

“Ada 5 dokter yang melakukan pemeriksaan untuk ratusan caleg ini, setiap hari diatur caleg dari partai mana saja, karena ada beberapa partai yang dikolektif, namun ada yang datang sendiri untuk melakukan tes kesehatan,” terangnya.

Sampai saat ini, Suhara melanjutkan, dari hasil pemeriksaan kesehatan kepada Caleg belum ditemukan kelainan. Menurutnya, jika ada kelainan yang ada pada Caleg, selanjutnya Caleg tersebut akan dirujuk.

"Hasilnya bagus sampai saat ini, tidak ada temuan, dan belum ada kelainan,” beber dia.

Sekretaris Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kota Tangsel, Iwan Rahayu mengatakan bahwa seluruh persyaratan untuk pemeriksaan kesehatan terhadap Caleg dari PDI Perjuangan, seluruhnya sudah ditempuh. Iwan pun mengaku siap mengikuti persyaratan yang diberlakukan oleh peraturan dan undang-undang yang berlaku.

"Semuanya (Caleg yang didaftarkan) ada 50 orang. Tapi ada beberapa orang caleg dari PDI Perjuangan yang sudah melakukan tes kesehatan. Kami siap mengikuti peraturan yang ditetapkan RSU," ungkapnya.

Iwan jelaskan, dengan mengikuti semua prosedur yang diberlakukan untuk pemeriksaan dan tes kesehatan Caleg terutama dari Caleg PDI Perjuangan, hal ini menandakan bahwa PDI Perjuangan Kota Tangsel serius untuk memenangkan Pileg dan Pilpres 2019 mendatang.

"PDI Perjuangan tunduk dan patuh pada aturan, kami juga siap memenangkan Pileg dan Pilpres 2019 mendatang," ujarnya.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kota Tangsel, Heri Gagarin yang ikut memantau jalannya pemeriksaan kesehatan, mengaku sangat mengapresiasi semua layanan yang diberikan pihak RSU terhadap Caleg dari PDI Perjuangan Kota Tangsel.

"Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi layanan yang diberikan pihak RSU Tangsel. Karena semua caleg dari PDI Perjuangan sudah diterima dan di layani dengan baik," tandas Heri.

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online