Dorong Mahasiswa Terjun di Dunia Usaha, Kampus Unpam Gelar Seminar

Rektor Universitas Pamulang, Dr Dayat Hidayat dan Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie saat jalin MoU peningkatan kewirausahaan. Rektor Universitas Pamulang, Dr Dayat Hidayat dan Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie saat jalin MoU peningkatan kewirausahaan.

detaktangsel.com PAMULANG--Kampus Universitas Pamulang menggelar seminar Pemasyarakatan Kewirausahaan diruang Auditorium Universitas Pamulang. Sedikitnya, ada 1500 mahasiswa dari berbagai fakultas di universitas yang berlokasi di Jalan Pajajaran, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) itu, antusias mengikuti seminar bertema Entrepreneur Is Digital Area.

Rektor Universitas Pamulang Dr Dayat Hidayat mengatakan, seminar kewirausahaan tersebut diadakan untuk mendorong mahasiswa supaya menggeluti dunia usaha. Sebab dia beralasan, sebagian besar mahasiswa yang ada di kampus Universitas Pamulang sebagian besar memiliki jiwa usaha.

"Mahasiswa disini sebagian besar orang orang mandiri, orang-orang pekerja. Hanya persoalannya, jalan pembukanya seperti apa sih, makanya kita lakukan MoU dengan Kementrian Koperasi dan UKM, Pemkot Tangsel dan IBM Indonesia," katanya menjelaskan kepada wartawan, Kamis (30/3).

Menurutnya, dengan adanya MoU dengan Kementrian Koperasi dan UKM, Pemkot Tangsel dan IBM Indonesia, diharapkan mahasiswa yang selama ini menggeluti dunia usaha kedepannya semakin terbuka mengembangkan kewirausahaannya.
"Dengan adanya support dari Kementrian dan IBM Indonesia ini, kita berharap anak-anak (Mahasiswa-red) benar-benar serius terjun berwiraswasta," harapnya.

Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia pada Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Republik Indonesia, Prakoso Budi Susatyo menuturkan, untuk mempercepat kewirausahaan yang dilakukan mahasiswa, MoU dengan para stakeholder lain sangat dibutuhkan. Hal tersebut untuk meningkatkan peran mahasiswa dalam dunia usaha.

"Empat tahun lalu, angka pertumbuhan kewirausahaan di Indonesia sebesar 1,65 persen. Sedangkan standar kewirausahaan dunia idealnya 2 persen. Sedangkan saat ini sudah 3,1 persen kewirausahaan di Indonesia," tambah Prakoso.

Prakoso menambahkan, meningkatnya kewirausahaan di Indonesia, karena seringnya kerja sama dilakukan antara mahasiswa, pemerintah daerah dan kementrian Koperasi dan UKM.

"Jika sudah angkanya diatas 3,1 persen, maka dunia itu akan maju. Maka kerja sama antara mahasiswa dengan stakeholder lainnya sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kewirausahaan," tandasnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie menyambut baik adanya MoU antara Universitas Pamulang dengan Pemkot Tangsel. Benyamin menilai, MoU tersebut menjadi momentum dalam meningkatkan kewirausahaan yang ada pada mahasiswa dengan pemerintah terutama untuk pengembangan koperasi.

"Jadi nanti mahasiswa tidak hanya mencari lapangan kerja, tetapi juga menciptakan lapangan kerja," paparnya.

Bang Ben bilang, kedepannya Pemkot Tangsel juga akan melakukan kerja sama dengan beberapa kampus yang ada di Tangsel dalam mengembangkan koperasi.

"Akan kita sambangi juga kampus-kampus lain yang ada di Tangsel ini, dibidang pelatihan nantinya seperti apa, leading sektornya nanti di dinas koperasi," ujar Bang Ben.

Go to top

Copyright ¬© 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online