Kesadaran Warga Pasang Kontrasepsi Makin Tinggi

Kesadaran Warga Pasang Kontrasepsi Makin Tinggi

detaktangsel.com SERPONG - Upaya Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dalam menekan jumlah penduduk dengan melakukan pemasangan alat kontrasepsi gratis.

Warga Kelurahan Cilenggang, Kecamatan Serpong, Kota Tangsel sangat antusias saat Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Keluarga Berencana (BPMPPKB) melakukan pelayanan KB Keliling gratis di kantor kelurahan setempat.

Kepala Bidang KB pada BPMPPKB Ellen Hutabarat mengatakan, pihaknya memberikan pelayanan berupa pemasangan kontrasepsi kepada masyarakat berupa KB implant dan IUD.

"Kedua jenis kontrasepsi tersebut merupakan yang paling kami rekomendasikan, karena Metode KB Jangka Panjang (MKJP). Untuk implan bisa mencapai 3 tahun dan IUD hingga 10 tahun," ucapnya pada Rabu (7/12/2016).

Kata dia, berbeda dengan pil maupun suntik yang harus rutin digunakan. Jika tidak rutin dan patuh mengkonsumsinya maka tingkat kegagalannya akan lebih tinggi. Resikonya pun akan lebih tinggi menggunakan pil atau suntik yang mengandung hormon.

"Kegiatan KB keliling ini sengaja kami gelar, agar masyarakat yang tidak dapat menjangkau rumah sakit, puskesmas, ataupun klinik bisa ikut KB dengan kita jemput bola. Sehingga dapat memudahkan mereka," terangnya.

Ditempat yang sama, Kepala Sub Bidang Pelayanan KB dan Kesehatan Reproduksi pada BPMPPKB Kota Tangsel Yuni Lia Astuti menambahkan, pelayanan keliling ini dilaksanakan rutin. Pada pelayanan ini, BPMPPKB Tangsel menyiapkan lima tenaga kesehatan dari puskesmas. Jika tidak terlayani pada saat KB keliling maka diarahkan untuk ke puskesmas terdekat.

"Pelayanan KB keliling ini sudah kami lakukan di 54 Kelurahan dari 7 Kecamatan yang ada di Tangsel," jelasnya.

Download attachments:
Go to top

Copyright ¬© 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online