Membangun Karakter Positif di Bulan Ramadhan

Membangun Karakter Positif di Bulan Ramadhan

detaktangsel.com TANGSEL - Badan Takmir Masjid (BTM) Nurul Ikhwan Puri Pamulang Kecamatan Pamuiang Kota Tangerang Selatan, sejalan dengan pembangunan masjid idaman warga di perumahan tersebut, dalam perjalanan kelembagaannya selama 10 tahun, terus berbenah dan menata diri membangun mental-spiritual masyarakat untuk menjadi hamba Allah SWT yang bertaqwa.

Dalam mengisi kegiatan di bulan Suci Ramadhan 1436 Hijiyah/2015 Masehi, (BTM) Nurul Ikhwan menggelar 'Talk Show Parenting' dengan narasumber Ida S Widayanti, SS,ST, penulis beberapa buku 'Best Seller' seputar pendidikan dalam keluarga.

Sosok ida S Widayanti merupakan narasumber seminar nasional dan manca negara, serta pakar parenting dan pendidikan karakter, hadir memberikan pencerahan kepada warga seputar pembangunan karakter anak secara baik dan benar, di Masjid Nurul Ikhwan, Minggu (21/6/2015).

Ketua BTM nurul ikhwan Ustadz Cecep Syarief Hidayatullah mengungkapkan, dalam mengisi Bulan Suci Ramadhan 1436 Hijriyah/2015 Masehi, kegiatan yang dilaksanakan oleh BTM merupakan program yang sudah diagendakan.

"Kegiatan di bulan suci Ramadhan tidak hanya pesantren kilat bagi anak-anak, tetapi juga kegiatan yang diperuntukkan bagi para orangtua. ini merupakan kebutuhan bagi para orangtua untuk menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warohmah," paparnya.

Sementara, narasumber Ida S Widayanti, alumni Teknik Mesin ITB yang juga dosen di kampus 'Ganesha' almamaternya mengatakan, apabila untuk menguasai dunia permesinan saja harus dipelajari bertahun-tahun, lalu bagaimana dengan memahami keluarga dan anak-anak sebagai titipan Allah SWT ?

Dijelaskan Ida, kenangan masa kecil sangat mempengaruhi perjalanan hIdup seseorang. Ia mencontohkan, Sang Legend Mega Star Michael Jackson (Jacko) kecil di didik oleh orangtuanya dengan keras, dalam kemiskinan, dan dalam dirinya penuh ketakutan, hingga perjalanan hidupnya melahirkan tembang sang mega star "have you seen my childhood" agar semua orang faham siapa dan bagaimana sesungguhnya ia, Sang Mega Star yang swsungguhnya merana diantara kemewahan duniawi.

"Membangun karakter anak yang berarti mengukir menjadi pola, yang tidak timbul secara tiba-tiba, tetapi melalui sebuah proses," ungkap Ida.

Menurutnya, peran seorang ibu sangat penting dalam pembentukkan regulasi emosi, yang dimulai ketika hamil, masa nifas, dan dalam dua tahun pertama mengapa minuman dan makanan bayi Allah SWT letakkan di dada ibu ?, jawabnya, agar lebih dekat dan saling memahami.

Selain itu, Ida juga menjelaskan, peran Ayah sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Quran, terdapat 17 dialog tematik orangtua dengan anak dalam Al-Quran yang tertuang dalam sembilan (9) surat. Didalam Al-Quran dijelaskan, ada 14 dialog antara Ayah dengan anaknya. Dan, hanya dua (2) dialog antara Ibu dengan anaknya, serta, satu (1) dialog antara orangtua tanpa nama dengan anaknya.

Diakhir paparan, Ida memberikan pesan moral dengan seuntai kalimat 'Rubah kata-kata, maka akan Merubah dunia'

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online