Musrenbang di Perigi Baru, Warga Minta Dibuatkan MCK

Musrenbang di Perigi Baru, Warga Minta Dibuatkan MCK
detaktangsel.com PONDOK AREN - Rapat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan baru saja di gelar. Berbagai usulan pembangunan untuk 2021 mendatang, disampaikan langsung oleh warga.
 
Seperti Musrenbang di Kelurahan Perigi Baru, Kecamatan Pondok Aren, sejumlah warga mengusulkan adanya perbaikan infrastruktur jalan di wilayah Kelurahan tersebut.
 
Tak hanya soal infrastruktur, warga juga minta dibuatkan septiktank. Hal ini lantaran masih ada beberapa warga yang menyalurkan BAB nya ke dalam empang.
 
Koordinator Posyandu Kelurahan Perigi Baru, Amsiah mengatakan, sedikitnya ada 68 warga yang tidak memiliki septiktank dan menyalurkan BAB nya kedalam empang.
 
"Mereka buang airnya di dalam, tapi di salurkan ke empang. Karena kan di empang di peliharain ikan lele," ungkapnya.
 
Wanita yang juga aktif sebagai Juru Pemantau Jentik (Jumantik) di kelurahan Perigi Baru itu menjelaskan bahwa pihaknya akan mengusulkan agar di buatkan MCK di lingkungan warga yang menyalurkan BAB nya ke dalam empang.
 
"Ini lagi di usulin. Insya Allah, mudah-mudahan bisa," harapnya.
 
Ditempat yang sama, Anggota Komisi ll DPRD Kota Tangsel, Eva Puspita menilai bahwa kebiasaan warga yang menyalurkan BAB nya ke dalam empang, akan berdampak pada kesehatan yang ada di lingkungan warga.
 
"Tapi harus di lakukan sosialisasi dulu kepada warga soal dampaknya. Karena akan berdampak pada kesehatan warga juga," ujar Eva.
 
Pihaknya juga akan mendorong usulan warga kepada pihak-pihak terkait agar di lingkungan warga yang menyalurkan BAB nya ke dalam empang, agar secepatnya dibuatkan MCK. "Kita berusaha akan mendorong persoalan ini secepatnya di tangani. Karena persoalan kesehatan, persoalan kita juga," terang Eva.
 
Sementara itu, Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie yang ikut menghadiri Musrenbang di Kelurahan Perigi Baru tersebut mengatakan bahwa selama ini Pemkot sudah memprogramkan adanya MCK Komunal di tiap-tiap kelurahan yang ada di Tangsel.
 
"Itulah fungsinya musrenbang kelurahan, kalau memang fasilitas umum itu di butuhkan oleh masyarakat, kita bangun. MCK komunal namanya. Kita kan ada program itu," kata Benyamin.
 
Benyamin juga mengimbau agar warga tidak lagi menyalurkan BAB nya kedalam empang. Karena di khawatirkan bisa menjadi tempat berkembangbiaknya berbagai penyakit. "Kalau bisa jangan, karena itu tidak higienis. Kita khawatir menimbulkan berbagai penyakit," tandasnya. 
Go to top

Copyright ¬© 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online