Jumlah Ormas dan LSM di Tangsel Terus Menurun

detaktangsel.com SETU-Sejak 2014 lalu, jumlah organisasi kemasyarakatan (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang ada di Kota Tangsel terus mengalami penurunan.

Berdasarkan catatan yang ada di Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) kota setempat, kini hanya tersisa 115 ormas dan LSM.

Kepala Badan Kesbangpolinmas Kota Tangsel, Salman Faris mengngkapkan, terus menurunnya jumlah ormas ini merupakan seleksi alam. Sebab diakui Salman, ada beberapa Ormas maupun LSM yang memiliki anggota sedikit, tapi nekat membuat Surat Keterangan Terdaftar (SKT) di Badan Kesbangpolinmas.

"Ini saya kira seleksi alam. Ada Ormas dan LSM yang memang benar-benar siap dan kuat, sementara yang tidak siap akan mundur dengan sendirinya. Tapi kita tetap proaktif dan melakukan pendataan, sesuai Undang-undang No 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan," kata Salman Faris kepada wartawan di temui di kantornya kawasan Kecamatan Setu , Kamis (29/12/2016).

Meski banyak LSM dan Ormas yang mundur dengan sendirinya, Salman mengaku tidak tinggal diam untuk melakukan verifikasi. Kata dia, pada 2017 mendatang pihaknya akan melakukan verfikasi ulang Ormas dan LSM yang ada di Kota Tangsel.

"Akan dibentuk tim verifikasi di lapangan. Saat ini kan data LSM maupun Ormas yang kita miliki masih sebatas dokumen, tapi ke depan kita akan data langsung. Apakah mereka memiliki sekretariat atau tidak, AD/ART, badan hukum, jumlah anggota dan syarat lainnya," katanya menambahkan.

Verifikasi ulang ini, di akui Salman, dilakukan untuk mengantisipasi keberadaan ormas yang tidak jelas. Pasalnya, pihaknya banyak menerima laporan adanya oknum anggota ormas yang membuat resah masyarakat.

"Kami banyak menerima laporan. Maka itu, kami verfikasi ulang. Bagi ormas yang belum melakukan verifikasi ulang, kami sudah surati. Kalau mereka tidak menyelesaikan verifikasi, maka dinyatakan tidak terdaftar alias ilegal," ujarnya. (Hen)

« April 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30            

Cuaca

Jakarta, Indonesia
Partly Cloudy
25.1°C (26°C 24°C)

Go to top