Arus Lalu Lintas di Kota Tangsel Dipantau CCTV

detaktangsel.com SERPONG – Untuk mengurai kemacetan di sejumlah ruas jalan di Kota Tangsel. Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) dalam waktu dekat ini memasang Closed Circuit Television (CCTv) dan Area Traffic Control System (TCS) di setiap lampu merah.

Kepala Dishubkominfo Kota Tangsel Sukanta mengatakan, pihaknya menganggarkan Rp3,5 miliar untuk pengadaan teknologi ATCS itu. Anggaran itu, dialokasikan untuk pengadaan alat dan pembangunan ruang kendali di kantor Dishubkominfo setempat. "Untuk ruang kendali ada di kantor Dishubkominfo. Sedangkan untuk monitor pemantauan dipasang juga di ruang Walikota dan ruang saya," ungkap Sukanta saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (21/1).

Menurutnya, teknologi ATCS ini sejalan dengan cita-cita Kota Tangsel menjadi smart city. "Sesuai arahan Bu Wali (Airin Rachmi Diany) dan memang sudah masuk dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah)," ujar mantan Kepala Satpol PP itu.

Sementara Kasi Rekayasa Menejemen Lalu Lintas pada Dishubkominfo Kota Tangsel Ika Kartika, teknologi ATCS itu nantinya sebagai pengendali lalu lintas di kota dengan tujuh kecamatan tersebut. Untuk tahap ada tiga titik yang bakal dipasangi teknolgi ATCS tersebut. "Saat ini sudah masuk tahap lelang di ULP (Unit Layanan Pengadaan). Harapannya, Agustus sudah mulai bisa digunakan," katanya.

Kata dia, sistem yang diterapkan lewat ATCS itu yakni pemantauan jarak jauh melalui ruang kendali di kantor Dishubkominfo Kota Tangsel. Di titik yang dipasangi ATCS itu, dilengkapi CCTv yang memantau secara real time kondisi lalu lintas."Sebetulnya ini untuk mempercepat penanganan kemacetan. Jadi, ketika kondisi macet parah yang terpantau melalui ruang kendali, kita bisa langsung melakukan penanganan. Kamera CCTv pun bisa diputar 360 derajat, jadi terpantau semua di titik itu," terangnya.

Untuk tahap awal ini, sambung Ika diprioritaskan jalan utama yang ada di Kota Tangsel. Salah satunya Jalan Raya Serpong dipasang teknologi ATCS ini. "Saat ini masih kajian. Belum kita tetntukan lokasinya," pungkasnya.

« September 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30            

Cuaca

No cities match your search query

Go to top