Print this page

Syamsul:Kaji Ulang Pansel Sekda, Diragukan Netralitas dan Kredibiltasnya

Syamsul Atoel Hariyanto, Wakil Ketua DPC PDIP Kota Tangsel Syamsul Atoel Hariyanto, Wakil Ketua DPC PDIP Kota Tangsel

detaktangsel.com SETU – Formasi Anggota Panitia Seleksi (Pansel) calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang Selatan, menuai kritik tajam dari beberapa kalangan politisi dan akademis.

Pasalnya, dalam formasi pansel diragukan netralitas dan kredibilitas dari sebagian anggota pansel dalam menyeleksi jabatan penting pada posisi soerang Sekretaris Daerah (Sekda). 

"Perlu dikaji ulang anggota pansel Sekda Tangsel, Netralitasnya dimana ketika Dudung juga duduk sebagai anggota pansel," ujar Syamsul Hariyanto, Wakil Ketua DPC PDIP Tangsel menanggapi kelima anggota Pansel Sekda Tangsel, Rabu (1/4/2015).

Syamsul mengatakan posisi Sekda nanti sangat memengaruhi jalannya roda pemerintahan ketika Wali Kota Airin maju dalam perhelatan Pilkada Kota Tangsel 2015.

"Jelas nantinya sekda yang baru sangat penting perannya, apalagi Airin maju, ini tahun cukup panas gejolak politiknya," ungkap Syamsul. Lanjutnya, ada anggota pansel yang dianggap aneh, ketika Ketua Forum CSR Tangsel Ali Samson Pane masuk dalam formasi Pansel Sekda Tangsel.

"BKD yang menunjuk anggota Pansel harusnya lebih selektif, saya pertanyakan kredibiltas saudara Pane dalam pansel tersebut, jangan asal main tunjuk," tegas Syamsul.

Seperti diketahui, Anggota Pansel Sekda Tangsel tinggal menunggu jawaban dari Kemen PAN & RB agar bisa bekerja. Sebelumnya, Sekda Tangsel, Dudung E. Diredja mengungkapkan, tim pansel sudah lengkap dan siap bekerja. "Ada 5 calon, yakni Asisten Daerah (Asda) I Bidang Pemerintahan Ismunandar, saya sendiri (Red: Dudung E. Diredja), Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten, Cepi Safrul Alam, Rektor Institut Teknologi Indonesia (ITI), dan Ketua Forum Corporate Social Responsibility (CSR) Ali Samson," ungkap Dudung saat ditemui selepas Musyawarah Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kota Tangsel di Puspitek Kecamata Setu, Senin (30/03/2015).

Sementara itu, Ketua Forum CSR, Ali Samson Pane mengaku sejauh ini belum mendapatkan surat resmi, jika dirinya menjadi anggota tim Pansel tersebut. Tetapi dirinya hanya menerangkan bahwa pernah membicarakan tim seleksi dengan Wali Kota Tangsel terkait tim dari pihak swasta. "Jika ini benar terjadi, ini satu kepercayaan bagi saya masuk dalam tim seleksi yang mewakili CSR yang independen," ungkapnya.

Terkait telah terumuskannya anggota tim Pansel, ke depan akan ada rapat pada awal bulan April 2015. Namun, Ali Samson yang akrab disapa Pane menolak sebelum surat resmi itu sampai di tangannya. "Saya menunggu surat resmi terlebih dahulu, baru akan mengikuti rapat di April mendatang," Pungkasnya.

Related items