Di Tangsel, Ibu Muda Tewas Tertimpa Turap Longsor

detaktangsel.com SETU--Naas menimpa seorang ibu muda bernama Anggi (23), dirinya dinyatakan tewas akibat tertimpa turap longsor saat melintas di Jalan Kademangan Lebak, Kelurahan Kademangan, Kecamatan Setu, Kota Tangsel, Senin sore (2/12/2019).

Anggi tidak sendiri, pada saat melintas dikawasan tersebut, wanita itu mengendarai sepeda motor bersama putranya yang masih berumur 3 tahun. Anggi pun tewas di tempat, sementara anaknya selamat setelah warga setempat melakukan evakuasi. Saat ini, sang anak di larikan ke RS Hermina untuk mendapatkan pertolongan medis.

Mardan, warga sekitar lokasi mengatakan bahwa peristiwa yang menewaskan Anggi terjadi sekira jam 16.30 WIB. Saat itu, baru saja turun hujan lebat.

"Tadi di sini hujan, ini jalan lintasan bagi masyarakat sini. Cuma ada turapan tanah pakai batu, nah turapan itu lepas dan menimpa pengguna jalan, jam 16.30 an," kata Mardan dilokasi, Senin (2/12/2019).

Dia pun menjelaskan bahwa panjang turap batu yang longsor tersebut sekira 6-8 meter. Sedangkan kondisi jalan, dibeton dengan turunan yang cukup ekstrem.

"Jalannya melingkar agak menukik belok. Di kirinya, jalan miring menukik dengan rumpun bambu, dan di kanannya kemiringan tanah rekayasa diturap pakai beton, nah turap batu itu yang lepas menimpa korban," terang Mardan.

Sedangkan bangunan turap yang longsor itu, Mardan sebutkan, dikerjakan secara pribadi dan bukan dikerjakan oleh pemeritah daerah. Sementara di bawah jalan yang terdapat banyak pemukiman warga ini, terdapat proyek pemerintah.

"Kalau yang dikerjakan oleh PU penghalang air supaya tidak jatuh ke titik yang ada rumpun bambu. Itu lagi dikerjakan. Cuma jalan lagi parah, di bawah ada penduduk. Ini sudah miring banget kondisinya," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangsel Chaeruddin, menambahkan bahwa longsoran turap baru terjadi akibat tidak kuat menahan laju air hujan yang turun sejak pukul 13.30 WIB.

"Hujan deras terjadi sejak pukul 13.30 sampai dengan 14.30 WIB. Merata di wilayah Tangsel. Setelah hujan reda, pada pukul 16.30 WIB, terjadi turap roboh dengan tinggi 4 meter dan panjang 8 meter," ungkapnya.

Saat korban melintas di jalan itu, turap batu disertai tanah roboh dan langsung menimpa korban yang sedang melintas dengan putranya, tepat di bawah turap batu tersebut.

"Turap yang roboh tersebut menimpa warga yang sedang melintas dibawahnya. Korban melintas bersama anaknya dan langsung tertimpa tembok yang runtuh, sehingga kritis dan dibawa ke RS Hermina," sambungnya.

Hingga pukul 19,00 WIB, petugas gabungan dari BPBD Tangsel, Satpol PP, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Perhubungan Kota Tangsel masih berada di lokasi melakukan pengamanan disekitar turap yang longsor.

« December 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31          

Cuaca

No cities match your search query

Go to top