Raup Untung Rp493 Juta, Koperasi Perguruan Al Azhar Jadi Pilot Project

Raup Untung Rp493 Juta, Koperasi Perguruan Al Azhar Jadi Pilot Project

detaktangsel.com SERPONG - Koperasi Karyawan Perguruan Al Azhar BSD, menjadi percontohan koperasi sehat di Kota Tangsel. Pasalnya, dari sekitar 500 koperasi di wilayah tersebut, baru pengurus di koperasi itu saja yang melakukaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) dengan laba bersih hampir setengah miliar rupiah dalam satu tahun.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangsel Warman Syanudin mengatakan, koperasi yang menaungi sebanyak 333 pegawai dan dewan guru Al Azhar BSD ini termasuk salah satu contoh koperasi sehat. "Sebab, pengurusnya ini yang pertama mengadakan RAT, tepat pada waktunya, dan dengan laba bersih hampir setengah miliar rupiah," ungkapnya, Senin (4/1).

Menurut Warman, pemasukan tersebut berasal dari unit simpan pinjam dan juga usaha yang dilakukan para anggotanya. Itu berarti, koperasi tersebut sukses dalam mencetak jiwa wirausaha setiap anggotanya. "Jadi koperasi ini bisa terus berkembang. Bukan hanya untuk badan hukumnya sendiri, melainkan bagi ratusan anggotanya," katanya.

Sementara, Ketua Koperasi Karyawan Perguruan Al Azhar BSD Agus Kusnaidi mengatakan, untuk tahun ini pihaknya mendapatkan laba bersih sebesar Rp 493 juta. Dengan total aset dari tahun 1999 hingga 2015 sebesar Rp 10.1 miliar. "Jumlah tersebut meliputi jasa antar jemput, kita punya kendaraan pribadi sebanyak 3 unit dan 35 kendaraan lainnya milik kemitraan. Lalu kita juga kelola sebanyak 37 toko atau kantin, mesin fotocopy, dan simpan pinjam," terangnya.

Kata dia, semangat ekonomi kerakyatan ini juga bakal ditularkan ke anak didiknya. Terbukti saat ini, di unit SMP dan SMA sekolah tersebut sudah diterapkan kantin kejujuran. "Dan itu disupport oleh kami dari koperasi, labanya pun luar biasa. Ini menandakan siswa sangat antusias dengan jajan dengan cara berperilaku jujur," pungkasnya.

Go to top

Copyright ¬© 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online