Parenting Di SIT Aulady Serpong, Pentingnya Orang Tua Dampingi Anak Dimasa Pubertas

Parenting Di SIT Aulady Serpong, Pentingnya Orang Tua Dampingi Anak Dimasa Pubertas

detaktangsel.com SERPONG--Memasuki masa-masa pubertas yang dialami remaja, perlu perhatian serius dari lingkungan keluarga terutama perhatian dari kedua orang tua. Sebab, perhatian orang tua kepada remaja yang sedang mengalami masa-masa pubertas, akan mencegah remaja memperoleh informasi yang salah saat berada diluar lingkungan keluarga.

Demikian diungkapkan Dr. Aisah Dahlan, Spesialis Penanganan Narkoba dan HIV/AIDS usai memberikan materi Parenting Keluarga soal bagaimana mendampingi anak memasuki masa pubertas yang diadakan Sekolah Islam Terpadu (SIT) Aulady, Jalan HS Nawi Waru, Ciater, Serpong, Kota Tangsel, Selasa (25/9/2018).

Menurut Aisah, orang tua harus lebih jeli menyikapi anak yang tengah memasuki masa pubertas. Apalagi, saat ini masa pubertas yang dialami anak cenderung lebih
muda yakni antara usia 10 - 13 tahun dan ditandai dengan keluarnya hormon gender yang berlebih dari anak-anak yang mengalami pubertas.

"Jadi dalam masa-masa seperti ini, orang tua, terutama ibu-ibu harus siap-siap mulai dari sekarang untuk belajar memahami anak yang sedang mengalami pubertas," ungkap Aisah.

Aisah jelaskan, dalam masa pubertas ini, biasanya anak-anak emosinya akan labil. Dimana, si anak dalam kondisi seperti ini, membutuhkan pendampingan dari orang-orang terdekat yang berfungsi sebagai media bagi si anak untuk tempat sharing anak.

"Disini peran orang tua diperlukan. Dampingi si anak dengan wawasan orang tua yang bisa mengedukasi agar anak mengerti kondisi yang dialaminya," terang Aisah.

Aisah bilang, fenomena yang terjadi saat ini, dimana anak-anak dengan mudah memperoleh informasi dari gadgets yang dimilikinya, dikhawatirkan akan berdampak buruk bagi anak dalam mengakses informasi. Namun karena ada pendampingan orang tua, maka informasi yang dia dapat bisa di konfirmasi ulang kepada orang tuanya.

"Jadi orang tua harus bisa menjadi orang tua yang mengasyikan bagi anak. Tapi itu tadi, orang tua juga harus banyak belajar agar jadi teman diskusi yang menyenangkan bagi anak," ujar dia.

Sementara itu, Humas SIT Aulady Lilis Laela menambahkan, Parenting Keluarga yang diadakan di sekolahnya ini, merupakan kerja sama komite sekolah ditingkat TK, SD, SMP, ISO dan SMA ini, supaya orang tua siswa juga memiliki andil besar dalam mengarahkan anak yang sedang mengalami pubertas.

"Jadi tidak hanya guru dan pihak sekolah saja yang berperan, orang tua juga memiliki andil besar terutama ketika anak mengalami masa pubertas," kata Lilis.

Parenting Keluarga, lanjut Lilis, merupakan salah satu program yang ada di SIT Aulady disamping program-program pendidikan lainnya disekolah yang lebih memprioritaskan pendidikan agama Islam ini.

"Dengan pendidikan parenting ini, diharapkan bisa jadi solusi orang tua. Sehingga anak-anaknya bisa menjadi orang-orang bertakwa ketika dewasa nanti," tandasnya.

Pantauan dilokasi Parenting Keluarga yang berlangsung di selasar SIT Aulady Serpong tersebut, meski hanya duduk dengan beralaskan karpet merah yang sebelumnya disiapkan pihak sekolah, namun sedikitnya ada 200 audiens antusias mengikuti acara tersebut. Bahkan, dalam penyampaian materi, narasumber tak jarang menyampaikan trik dan tips jitu soal bagaimana menghadapi anak dimasa pubertas dengan candaan yang menghibur.

Go to top

Copyright ¬© 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online