Pemkab Pandeglang Belajar Regulasi Dukcapil Tangsel

Pemkab Pandeglang Belajar Regulasi Dukcapil Tangsel

detaktangsel.com SERPONG – Dinilai berhasil menerapkan informasi pemanfaatan data kependudukan, Pemkab Pandeglang mencontek regulasi dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangsel.

Ini dibuktikan dengan kunjungan kerja Kepala Disdukcapil Kabupaten Pandeglang Sutisna beserta romobingan ke Kota Tangsel. Agenda kunjungan ini Pemkab Pandeglang ini belajar mengenai regulasi dan penerapaan informasi pemanfaatan data.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Pandeglang Sutisna mengatakan didampingi Kepala bidang dan stafnya kunjungi Disdukcapil Tangsel untuk sharing informasi mengenai penerapan pemanfaatan data yang sudah dilakukan Disdukcapil Tangsel sejak 2014. "Kita ingin menimba ilmu dari Disdukcapil Kota Tangsel. terhadap inovasi yang buat selama ini. seperti pengalaman mendapatkan ISO," ungkapnya saat ditemui di Kantor Disdukcapil Kota tangsel, Cilenggan, Serpong, Rabu (25/5).

Menurutnya, Pemkab Pandeglang belum memanfaatkan data kependudukan antar lembaga. Sehingga harus belajar ke Kota/Kabupaten yang sudah menerapkan itu. "Banyak ilmu yang kami dapat dari kunjungan ini, tidak hanya mengenai regulasi, ISO, dan pemanfaatan data kependudukan," ujarnya.

Selainitu, kata dia, ingin tahu aplikasi terbaru pelayanan online yang telah diterapkan Disdukcapil Kota Tangsel. "Pemohon bisa mengakses website Disdukcapil dan melakukan secara online untuk data kependudukan," jelasnya.

Selain itu ilmu yang didapat berupa, pemanfaatan data itu mesti benar-benar dispesifikan. Sehingga, jelas manfaatnya bagi pelayanan masyarakat. "Tujuan utama kita untuk peningkatan pelayanan masyarakat sebetulnya," terangnya.

Sementara, Kepala Disdukcapil Kota Tangsel Toto Sudarto menjelaskan, pihaknya siap membantu rencana Kabupaten Pemkab Pandeglang untuk penerapan pemanfaatan data kependudukan di wilayahnya. "Kita sharing informasi, apa saja yang sudah dilakukan Disdukcapil Kota Tangsel untuk menerapkan hal tersebut," pungkasnya.

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online