BP2T Tangsel Pertama di Indonesia Raih ISO 27001 Layanan Perijinan Online

BP2T Tangsel Pertama di Indonesia Raih ISO 27001 Layanan Perijinan Online

detaktangsel.com SERPONG - Inovasi layanan perizinan online yang dikembangkan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) semakin diakui. Khususnya, layanan sistem informasi managemen perizinan online (SIMPONIE) yang digagas Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T).

Layanan yang diluncurkan April 2015 silam itu telah memperoleh ISO 27001. Khusus untuk ISO 27001 tentang sistem layanan perizinan online, ini adalah yang pertama di Indonesia yang mendapatkan ISO 27001 tentang sistem layanan perizinan online.

ISO 27001 adalah suatu standar internasional untuk Sistem Manajemen Kemanan Informasi (SMKI). Dengan begitu, legalitas paraf dan tandatangan secara online yang selama ini diterapkan pada SIMPONIE telah dinyatakan sah secara aturan.

Sistem ini juga dilengkapi sertifikat digital. Ini hasil kerjasama Balai Jaringan Informasi dan Komunikasi BPPT yang ditunjuk oleh Kementrian Komunikasi dan Infomatika (Kemenkominfo) sebagai lembaga yang menjalankan Certification Authority (CA).

"Dengan adanya konsep seperti ini, maka proses penyelesaian perizinan dapat dengan cepat diselesaikan, karena dimanapun dan kapanpun para pejabat yang berwenang dapat melakukan paraf dan tandatangan," kata Kepala BP2T Kota Tangsel, Dadang Sofyan.

Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany menambahkan konsep smart city kini bukan lagi konsep yang tidak membumi. Konsep ini, kata dia, akan terus dikembangkan dalam sistem pemerintahan.

"Khususnya dalam pelayanan publik (public service) dan lainnya yang memberikan solusi atas setiap permasalahan yang ada di masyarakat," kata Airin.

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online