×

Message

Failed loading XML...

Airin Teteskan Vaksin Polio Saat Pencanangan PIN Polio Tahun2016

detaktangsel.com SERPONG - Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmni Diany mencanangkan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) tahun 2016 tingkat Kota Tangerang Selatan yang ditandai dengan menetskan vaksin Polio kepada puluhan balita, Selasa (8/3) di kawasan Tandon Air Ciater, Serpong. Pencanangkan PIN ini merupakan program nasional untuk memastikan tingkat imunitas terhadap Polio.

Walikota dalam sambutannya mengatakan, pencanangan PIN ini dalam rangka eradikasi Polio Global tahun 2020 perlu dilakukan berbagai strategi nasional berupa rangkaian kegiatan penyelenggaraan imunisasi dengan dukungan dan kerjasama dari lintas program, lintas sektor, para pakar atau ahli serta masyarakat.

"Tujuan dari PIN Polio ini adalah tercapainya eradikasi Polio di dunia pada akhir tahun 2020, serta memastikan tingkat imunitas terhadap Polio pada kelompok umur 0-59 bulan terhadap kemungkinan munculnya kasus Polio yang disebabkan oleh virus Polio Sabin. "Jadi dengan meneteskan vaksin polio kepada balita kita, memastikan agar anak kita terhindar dari virus Polio," ungkap Walikota.

Lebih lanjut Airin mengatakan, PIN Polio ini akan dilaksanakan pada tanggal 8 maret 2016 sampai dengan 15 Maret 2016 dengan sasaran semua anak usi 0 – 59 bulan tanpa memandang status imunisasinya.Airin mengatakan di Kota Tangerang Selatan terdapat 144.067 anak usia 0-59 bulan yang merupakan target sasaran PIN.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan, Drs. Suharno, M.Kes mengatakan, Dinas Kesehatan telah mempersiapkan PIN Polio sejak bulan Agustus 2015. Adapun kegiatannya antara lain penyusunan rencana kerja dan kelompok kerja eradikasi Polio, sosialisasi tingkat puskesmas, pelayanan keehatan swasta, organisasi profesi, lintas program, lintas sektor, tingkat kecamatan maupun tingkat kelurahan.

"Logistik pelaksanaan PIN Polio terdiri dari vaksin Polio, Vaccine Carrier, Gantian violet, format registrasi, pelaporan maupun KIPI, poster, tanda pos PIN, spanduk dan umbul-umbul serta kaos yang telah didistribusikan ke puskesmas maupun rumah sakit," jelas Suharno.

Suharno mengatakan jumlah Pos PIN di Kota Tangerang Selatanm sebanyak 648 PosPIN di wilayah Psukesmas, 25 Pos PIN di ruamh sakit. Pelaksanaan pelayanan imunisasi di pos PIN melipuiti tenaga keshatan dan non kesehaqtan dengan satu POS PIN terdiri dari dua orang petugas kesehatan dan dua kader. "Dan perlu dicatat, kegiatan PIN Polio ini gratis, tidak dipungut biaya," tegas Suharno

Detak Banten

Detak.co.id

« November 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30  

Cuaca

No cities match your search query

Go to top