Komersialisasi Bandara Poncab Tak Ada Untungannya

detaktangsel.com SERPONG- Rencana komersialisasi bandara Pondok Cabe. Fraksi PDI Perjuangan DPRD Tangsel pertanyakan keuntungan yang diperoleh Tangsel, atas komersialisasi bandara tersebut.

 

Menurut Ketua Fraksi PDI Perjuangan, Iwan Rahayu mengatakan komersialisasi Bandara Pondok Cabe harus jelas, seperti bentuk kajian bandara tersebut, sistem pelayanan, dan sumber daya manusia. pengelolaan manajeman bandara Pondok Cabe juga masih simpang siur, Apakah Angkasa Pura (AP) atau Pelita." Manajemen harus dipastikan, apabila AP, tentunya sudah berpengalaman, namun lain hal dengan Pelita," terangnya, Senin (15/2).
Dilanjutkannya, banyak pertanyaan yang muncul. Setelah melakukan komersialisasi bandara. Tata kelola perparkiran, tiketing hingga arus lalulintas kendaraan yang akan menuju atau keluar dari bandara Pondok Cabe. "Tolong sampaikan ke DPRD. Seperti apa perluasan bandara dan tata kelolanya," terangnya.
Ditambahkannya, Rencana Tata Ruang Wilayah Bandara Pondok Cabe memang komersilisasi namun peruntukannya untuk pertahanan. Lanjut Iwan, jadi kalau dipakai dengan penerbangan komersil, dampaknya belum tahu. Lalu, besaran Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang akan di peroleh Pemerintah Kota Tangsel. "Apakah dengan komersialisasi Bandara Pondok Cabe, Pemkot Tangsel mendapatkan keuntungan ?," ucapnya.
Sekedar diketahui,Walikota Tangsel, Airin Racmi Diany mengakui, dampak dari pengoperasian bandara Pondok Cabe yang dikomersilkan pasti ada. Warga boleh saja menolak. Tetapi, disisi lain, dampak pertumbuhan ekonomi untuk warga juga ada. "Kami mendukung, bila untuk kepentingan masyarakat," ujarnya.

Hanya saja, sambung Airin menekankan kawasan tersebut menjadi bandara sudah sesuai dengan Rencana Tata Ruang Rencana Wilayah (RTRW). "Saya sudah meminta, pengelola agar memastikan warga aman. Dampak lingkungan juga," ucapnya.

Menurutnya, Menteri Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Ferry Mursyidan Baldan telah menyampaikan ke Pemkot Tangsel, saat kunjungan ke bandara Pondok Cabe beberapa waktu yang lalu. Kementrian tersebut meminta persyaratan komersialisasi bandara Pondok Cabe sesuai peruntukannya. "Bila persyaratan sudah dipenuhi, saat mediasi dengan masyarakat disampaikan dengan baik," pungkasnya.

« January 2020 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31    

Cuaca

No cities match your search query

Go to top