KPU Pastikan Pasangan Airin dan Benyamin Dilantik Pada Bulan April 2016

KPU Pastikan Pasangan Airin dan Benyamin  Dilantik Pada Bulan April 2016

detaktangsel.com SERPONG - Pasangan Airin Rachmi Diany-Benyamin Davnie dilantik 20 April 2016. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten memastikan pelantikan Walikota terpilih pilkada serentak tersebut mengikuti masa berakhirnya jabatan Walikota Tangsel periode 2011-2016, Kamis (11/2).

Diketahui, dalam penetapan Walikota Tangsel terpilih dalam Pilkada serentak pada 9 desember 2015 lalu. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menyatakan masa berakhir Walikota Tangsel periode 2011-2016 pada 20 April mendatang.

Ketua KPU Banten Agus Supriyatna mengatakan, sesuai dengan arahan kementerian dalam negeri (Kemendagri) pelantikan Walikota Tangsel akan dilaksanakan usai akhir masa jabatan. Ini sesuai petunjuk Kemendagri yang menyatakan pelantikan walikota terpilih tidak boleh mengurangi atau melebihi batas waktu akhir masa jabatan walikota sebelumnya. "Jadi, pelantikannya, sesuai akhir masa jabatannya," ucapnya, kemarin.

Ditambahkan Komisioner KPU Banten Syaiful Bahri menyatakan, untuk pelantikan serentak pada 17 Februari nanti, hanya Kota Cilegon dan Kabupaten Serang. Pasalnya, kedua wilayah ini masa berakhir jabatan pada bulan Februari. Sedangkan untuk Pandeglang di Maret dan Tangsel di April. "Artinya di hari itu pelantikan walikota terpilih pilkada serentak 2015 lalu," terangnya.

Sementara, Komisioner KPU Tangsel, Badrussalam mengatakan pihaknya belum mendapatkan pemberitahuan resmi dari KPU Banten terkait pelantikan sesuai dengan akhir masa jabatan. Apabila memang benar. Artinya konsisten dengan aturan yang berlaku. "Kalau resminya belum, tetapi informasi mengenai sesuai masa jabatan, kami sudah mendengarnya," ujarnya.

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangsel mengesahkan pasangan nomor urut 3, Airin Rachmi Diany-Benyamin Davnie selaku Walikota periode 2016-2021 di Universitas Terbuka Convention Center, Rabu (3/2). Setelah penetapan KPU Tangsel menyatakan pasangan nomor urut tiga, Airin-Benyamin sebagai pemenang Pilkada Tangsel yang diselenggarakan serentak pada 9 desember 2015 lalu.

Go to top

Copyright ¬© 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online