Setelah Menunggu 6 Tahun, Akhirnya Tangsel Memiliki Mapolres

Setelah Menunggu 6 Tahun, Akhirnya Tangsel Memiliki Mapolres

detaktangsel.com SERPONG - Penantian panjang Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) dan 1,4 juta warga Tangsel akan hadirnya Markas Kepolisian Resort (Mapolres) akhirnya terwujud, setelah Markas Besar Kepolisian RI menyetujui usulan Pemkot Tangsel beberapa tahun lalu.

Sore tadi, Selasa (14/7/2015) Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Metro Jaya didampingi WaliKota Tangsel Hj Airin Rachmi Diany dan Wakil Wali Kota H Benyamin Davnie melaksanakan kunjungan langsung ke lokasi lahan Mapolres yang akan dibangun di awal tahun 2016.

Lokasi Mapolres sebagaimana direncanakan oleh keduabelah pihak terletak di kawsan BSD Kecamatan Serpong. Sementara itu, proses penempatan personil Polres Tangsel yang diajukan kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) telah disetujui oleh Kementerian tersebut.

"Dengan demikian, tidak butuh waktu lama lagi Polres Tangsel akan menempati kantor sementara yang dipinjamkan oleh pihak pengembang Bintaro, yakni Gedung tiga lantai Universitas Pembangunan Jaya," ungkap WaliKota Tangsel.

Dijelaskan Airin, proses pembentukan Polres ini terbilang panjang dan berliku. "Dimulai pada awal tahun 2012, kami sempat mau membangunkan gedung untuk Polres. Namun, langkah tersebut dilarang oleh Kemendagri, karena bukan wewenang kami sebagai Pemda, sehingga kami berikan hibah dana untuk pembangunan Polres, biar pihak Polri yang membangunkannya. Sementara untuk lahannya adalah fasos- fasum yang diberikan pihak BSD kepada Pemkot," papar Airin.

Di lain pihak, menurut WaliKota, untuk kebutuhan personil, Wakapolda telah memberitahukan bahwa pengajuan personil Polri untuk Polres telah disetujui oleh Kemenpan- RB. "Ya, sekitar awal september kita sudah memiliki Polres Tangsel," imbuh WaliKota.

KFZ 8360

Sementara, Wakapolda Brigjen Pol Nandang Jumantara mengatakan, pihaknya akan menindak lanjuti hasil peninjauan lahan tersebut. "Sangat ideal, karena akan di bangun jalan di samping lahan Polres. Mapolres akan di bangun pada awal tahun 2016, meliputi sarana parkir, sarana apel dan sarana pelayanan publik yang ada di Kepolisian, seiring dan sejalan lahirnya Kota Tangerang Selatan, dan kami akan meninjau kantor sementara Polres untuk penempatan personil Polres Tangsel, semoga berjalan lancar," ungkap Wakapolda.

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online