Bazzar Minyak Goreng, Upaya Menurunkan Harga di Pasaran

Kondisi bazzar minyak goreng yang dilaksanakan di Lapangan Kampung Dadap, Kelurahan Rawa Buntu, Serpong, Kota Tangerang Selatan Kondisi bazzar minyak goreng yang dilaksanakan di Lapangan Kampung Dadap, Kelurahan Rawa Buntu, Serpong, Kota Tangerang Selatan

detaktangsel.com SERPONG - Ratusan warga yang didominasi kalangan ibu rumah tangga berbondong-bondong mendatangi Lapangan Kampung Dadap, Kelurahan Rawa Buntu, Serpong, Kota Tangerang Selatan. Ketika acara dibuka, warga langsung membuat antrean panjang mengular dan Walikota Airin Rachmi Diany pun tak kalah sibuk sumringah melayani warganya satu persatu.

Usai membuka seremonial acara, kedua Pimpinan tersebut melayani langsung warga yang telah mengantongi kupon pembelian minyak goreng. "Kegiatan bazzar murah minyak goreng ini diharapkan dapat membantu masyarakat memperoleh minyak goreng dengan harga terjangkau," ungkap Menda Rahmat Gobel di lokasi acara, Minggu, 1 Februari 2015.

Sebenarnya kegiatan ini telah dilaksanakan Kementerian Perdagangan dalam bentuk pasar murah di berbagai daerah. Mendag Gobel menjelaskan, tujuan utama program ini tentunya dalam rangka membantu meringankan beban masyarakat.

Bagi masyarakat kalangan ekonomi menengah ke bawah bazzar murah tentunya sangat dibutuhkan. "Mereka jadi bisa memikul beban untuk menyediakan kebutuhan pangan sehari-hari," jelasnya.

Di lokasi yang sama, Managing Director Sinarmas - Gandi Sulistiyanto mengutarakan, dari adanya program bazzar murah dapat mendorong masyarakat untuk membeli minyak goreng. Program ini juga berperan membantu menurunkan harga minyak goreng di pasaran.

Pasalnya, harga pasar minyak goreng saat ini masih menggunakan banderol lama. Apalagi jumlah stok minyak goreng masih banyak, sedangkan harga bahan bakar minyak sudah diturunkan oleh Pemerintah.

"Minyak goreng sekarang harganya sekitar Rp 14-15 ribu per liter untuk yang branded (merk terkenal). Dengan bazzar kita jual Rp 9 ribu per liter, agar masyarakat membeli degan harga murah sehingga harga minyak goreng turun karena stok-stok lama terjual. Sehingga ambil stok baru dengan harga yang lebih rendah," utaranya.

Gandi menambahkan, program bazzar murah telah rutin diselenggarakan setiap tahun. Bazzar murah telah menjadi bagian dari tanggung jawab sosial atau Coorporate Social Responsibility (CSR) PT. Sinarmas Agribusiness and Food.

Kegiatan ini dilakukan di seluruh Indonesia sejak 2015, dan dalam sebulan diselenggarakan di 100 titik lokasi dengan kuota per lokasi 5.000 liter. "Tapi tadi pak menteri minta untuk saat-saat sekarang agar ditambah," tambahnya.

Pada hari yang sama sebelumnya, Walikota Airin juga mendampingi Menteri Gobel meninjau langsung ke Pasar Modern BSD. Kesempatan itu dimanfaatkan untuk langsung melihat harga dan stok kebutuhan bahan pokok

"Pantauan ini untuk mengetahui secara riil terkait harga dan pasokan sembako di masyarakat pasca kebijakan Pemerintah menurunkan harga BBM beberapa waktu lalu," terang Walikota Airin. Pihaknya berjanji akan terus memantau harga dan pasokan kebutuhan bahan pokok. 

Go to top

Copyright ¬© 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online