Print this page

Dalam Seminggu, 1.270 Angkatan Kerja Berebut 122 Kursi CPNS

Tampak peserta tes CPNS Kota Tangsel 2014 sedang melihat pengumuman Tampak peserta tes CPNS Kota Tangsel 2014 sedang melihat pengumuman

detaktangsel.comSERPONG - Pelaksanaan seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil sebagai Tenaga Kerja Daerah (CPNS-TKD) Kota Tangerang Selatan Tahun 2014 berlangsung marathon sejak Senin (15/12) hingga Senin (22/12) mendatang.

Dari pantauan di lokasi kegiatan, dalam tiga hari pelaksanaan seleksi CPNS-TKD berjalan dengan lancar, aman, dan terlihat sangat tertib serta transparan. Seleksi dilakukan dalam tiga Sesi, terbagi menjadi dua kelas dimulai pukul 09.00 WIB selama 90 menit untuk peserta menyelesaikan 100 materi soal ujian.

Salahseorang penanggung jawab pelaksana seleksi, yang juga anggota Sub Tim IT Tim Kerja Seleksi CPNS Kantor Regional III BKN Fachrurruzi menjelaskan, dalam persiapan pelaksanaannya, setiap hari seleksi dilakukan terhadap 200an peserta, yang terbagi dalam tiga Sesi pelaksanaan.

"Setiap Sesi seleksi berjumlah 70an peserta, terbagi dalam dua kelas, dan masing-masing kelas berjumlah 40 orang dan 30 orang," ungkap

Dijelaskan Fachrurruzi, sejak Senin hingga Kamis (18/12) seleksi CPNS dilaksanakan bagi peserta di jenjang pendidikan SMA/SMK, dan D III / Bidan. Sedangkan bagi peserta di jenjang D IV hingga Strata Tiga (S3) dilaksanakan mulai Jumat (19/12) hingga Senin (22/12).

Secara teknis pelaksanaan menurut Fahrurruzi, panitia pelaksana menyediakan 70 unit komputer untuk digunakan peserta ujian (seleksi), ditambah empat unit komputer cadangan.

"Materi ujian sudah dipersiapkan dalam software, dan semua peserta menjawab soal secara langsung di perangkat komputer tersebut. Jadi, semua yang terjadi dalam proses seleksi itu real time, dan up date total nilai pun berlangsung sangat dinamis,
" paparnya.

Ditambahkan Fachrurruzi, tempat pelaksanaan seleksi merupakan lokasi yang steril dari segala bentuk upaya campur tangan pihak luar untuk mempengaruhi hasil ujian.
"Sejak awal pelaksanaan, lantai dasar digunakan untuk seleksi adminstrasi, lantai 2 dan lantai 3 digunakan sebagai ruang pelaksanaan ujian seleksi.

"Di lantai dasar dan lantai 2 terdapat CCTV yang memantau segala aktivitas, dan khusus di lantai yang digunakan untuk ruang ujian terdapat ruang monitoring dengan menggunakan kaca tembus pandang ke seluruh peserta. Dan, diawal pelaksanaan, semua fasilitas pelaksanaan seleksi disegel sebelum digunakan, kemudian segel dibuka oleh peserta dan pengantar dari kalangan orangtua, saudara, atau masyarakat umum yang hadir menyaksikan," imbuhnya.

Tim pelaksana seleksi sebagaimana dijelaskan Fachrurruzi, terdiri atas sembilan orang dari Kantor Regional III BKN Bandung Jawa Barat, termasuk server yang digunakan. Sedangkan tempat dan fasilitas komputer untuk ujian peserta disediakan oleh Pemerintah Kota Tangsel.

"Dari seluruh wilayah Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Banten, hanya Kota Tangsel sudah siap 100% untuk melaksanakan seleksi CPNS. Karenanya, di Kota Tangsel yang pertama dilaksanakan," ungkap pria asal Bangka-Belitung.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan Pelatihan (BKPP) Kota Tangsel Firdaus menambahkan, kapaitas Daerah hanya pada tatanan mempersiapkan pendaftaran s/d fasilitasi pelaksanaannya. Sedangkan pada tingkat teknis pelaksanaan dilakukan oleh petugas dari BKN Jawa Barat/Banten.

"Jumlah kursi CPNS yang diperebutkan sebanyak 122 formasi untuk 57 posisi jabatan. Jumlah pelamar yang masuk ke BKPP Kota Tangsel cukup banyak, baik melelui online, kantor pos, MS, dan TMS. Namun, setelah melalui seleksi administrasi dan dikurangi pelamar yang tidak mengirimkan berkas, jumlah data peserta yang ikut seleksi sebanyak 1.270 peserta" ungkap Firdaus.

Fachrurrozi menambahkan, hasil pelaksanaan seleksi CPNS akan dilaporkan ke BKN Pusat selambat-lambatnya tiga hari pasca test, dalam bentuk hard copy dan berita acara pelaksanaan. Meskipun laporan pun sudah langsung dilaporkan melalui e-mail ke Panitia Seleksi Nasional (Panselnas)

Laporan sementara hasil seleksi melalui Computer Assited Test (CAT) tenaga kerja daerah (TKD) CPNS Umum Kota Tangerang Selatan 2014 pada jenjang pendidikan SMA-D3, pada hari Pertama menghasil data sbb :

Pada Sesi 1 SMA/SMK : peserta 69 orang dengan akumulasi nilai tertinggi Test Wawasan Kebangsaan (TWK) dengan passing grade 70 Test Intelegensi Umum (TIU) passing grade 75; dan Test Kepribadian (TKP) passing grade 126, menghasil data sbb : Akumulasi nilai tertinggi = 339.00, dan akumulasi nilai terendah = 126.00.

Ttd, Kabid Perencanaan dan Informasi BKPP Kota Tangsel Ade Agustiawan dan Anggota Sub Tim IT Tim Kerja Seleksi CPNS Kantor Regional III BKN Fachrurruzi, Senin (15/12) pukul 11:08:49 AM

Pada Sesi 2 jenjang pendidikan SMA/SMK/D3/ Kebidanan, jumlah peserta 70 orang, dengan akumulasi nilai tertinggi TWK; TIU; TKP = 372.00, dan akumulasi nilai terendah = 171.00.
Ttd, Kabid Perencanaan dan Informasi BKPP Kota Tangsel Ade Agustiawan dan Anggota Sub Tim IT Tim Kerja Seleksi CPNS Kantor Regional III BKN Surya Willy, Senin (15/12) pukul 1:06:35 PM

Pada Sesi 3 SMA/SMK : peserta 68 orang dengan akumulasi nilai tertinggi TWK; TIU; TKP = 357.00, dan akumulasi nilai terendah = 165.00.
Ttd, Kabid Perencanaan dan Informasi BKPP Kota Tangsel Ade Agustiawan dan Anggota Sub Tim IT Tim Kerja Seleksi CPNS Kantor Regional III BKN Surya Willy, Senin (15/12) pukul 3:23:07 PM

Pada pelaksanaan hari Kedua, Pada Sesi 1 SMA/SMK : peserta 67 orang dengan akumulasi nilai tertinggi TWK; TIU; TKP = 323.00, dan akumulasi nilai terendah = 126.00.
Ttd, Kabid Perencanaan dan Informasi BKPP Kota Tangsel Ade Agustiawan dan Anggota Sub Tim IT Tim Kerja Seleksi CPNS Kantor Regional III BKN Fachrurruzi, Selasa (16/12) pukul 10:23:29 AM

Pada Sesi 2 D3 Kebidanan/SMA/SMK: peserta 69 orang dengan akumulasi nilai tertinggi TWK; TIU; TKP = 349.00, dan akumulasi nilai terendah = 102.00.
Ttd, Kabid Perencanaan dan Informasi BKPP Kota Tangsel Ade Agustiawan dan Anggota Sub Tim IT Tim Kerja Seleksi CPNS Kantor Regional III BKN
Fachrurruzi, Selasa (16/12) pukul 12:39:26 PM

Pada Sesi 3 SMA/SMK : peserta 67 orang dengan akumulasi nilai tertinggi TWK; TIU; TKP = 357.00, dan akumulasi nilai terendah = 119.00.
Ttd, Kabid Perencanaan dan Informasi BKPP Kota Tangsel Ade Agustiawan dan Anggota Sub Tim IT Tim Kerja Seleksi CPNS Kantor Regional III BKN Surya Willy, Selasa (16/12) pukul 3:09:02 PM

Pada pelaksanaan hari Ketiga, Pada Sesi 1 SMA/SMK : peserta 68 orang dengan akumulasi nilai tertinggi TWK; TIU; TKP = 345.00, dan akumulasi nilai terendah = 138.00.
Ttd, Kabid Perencanaan dan Informasi BKPP Kota Tangsel Ade Agustiawan dan Anggota Sub Tim IT Tim Kerja Seleksi CPNS Kantor Regional III BKN Fachrurruzi, Rabu (17/12) pukul 10:49:35 AM

Pada Sesi 2 SMA/SMK : peserta 68 orang dengan akumulasi nilai tertinggi TWK; TIU; TKP = 345.00, dan akumulasi nilai terendah = 20.00.
Ttd, Kabid Perencanaan dan Informasi BKPP Kota Tangsel Ade Agustiawan dan Anggota Sub Tim IT Tim Kerja Seleksi CPNS Kantor Regional III BKN Fachrurruzi, Rabu (17/12) pukul 12:46:04 PM

Pada Sesi Ketiga, hingga berita ini diturunkan masih dalam proses pelaksanaan seleksi.

Berita Terkait, BACA DISINI CPNS 2014 Dilaksanakan Secara Transparan