Atasi kemacetan, Tangsel Akan Terapkan Transportasi Massal

buswaySERPONG - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Tangsel terus mencari solusi mengatasi kemacetan. Salah satu solusi mengurai kemacetan akan diterapkannya transportasi massal yang disebut Circle Tangsel.

Circle Tangsel merupakan transportasi yang menghubungkan tujuh Kecamatan yang terintegrasi oleh lima stasiun yang ada di Kota Tangsel Yakni, stasiun Serpong, Rawa Buntu, Jombang, Jurang Mangu dan Pondok Ranji.

 

Kepala Dishubkominfo Kota Tangsel Sukanta mengatakan saat ini pihaknya sedang membuat kajian Detail Engineering Design (DED) terkait circle Tangsel. Ditargetkan, pembahasan ini akan selesai di akhir Desember dan akan dilakukan pembenahan, baik sarana infrastruktur pendukung untuk circle Tangsel ini. 

"Kita masih mengkaji konsepnya seperti apa, dan bentuk haltenya apakah akan seperti busway atau apa, masih dalam kajian," ungkapnya, Kamis (17/10).

Dikatakan, untuk memuluskan program tersebut, saat ini Dishubkominfo melakukan koordinasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lainnya untuk melakukan pembahasan pelebaran jalan dan pembahasan untuk mendukung sarana prasarana seperti perbaikan sub terminal, infrastruktur dan stasiun.

"Angkutan massal ini akan mengurangi beban kendaraan yang ada, orang bisa berpergian tanpa menggunakan kendaraan pribadi, karena mobil ini akan terintegrasi antara terminal, stasiun yang ada di Tangsel," katanya.

Menurutnya untuk menunjang transportasi massal ini, Dishubkominfo akan mendapatkan bantuan 10 unit kendaraan bus dari kementerian perhubungan. 

"Dengan adanya mobil tersebut,sangat membantu untuk mengurangi kemacetan di Tangsel," ucap mantan Kasatpol PP itu. 

Kepala Bidang Angkutan Dishubkominfo Kota Tangsel Wijaya Kusuma, menuturkan kendaraan bantauan dari Kemenhub bakal diberikan gambar ciri khas Kota Tangsel, yakni bunga anggrek.  

"Kalau di Solo trans batik, kalau di Tangsel nantinya trans anggrek, dimana anggrek merupakan ciri khas dari Tangsel, sehingga mobilnya akan ada ciri khas didalamnya," terangnya. (def)

« November 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30  

Cuaca

No cities match your search query

Go to top