Warga Jombang Minta Dibuatkan Tandon, Benyamin Davnie : Harus Dibuat Kajian Dulu

detaktangsel.com SERPONG--Tiga Rukun Warga (RW) di Kelurahan Jombang, Ciputat, jadi bulan-bulanan banjir jika hujan deras menerjang wilayah tersebut. Ketiga wilayah itu yakni RW 05 Kampung Cilalung, RW 013 Kampung Gedong dan RW 022 perumahan Puri Bintaro Indah.

Banjir yang menerjang tiga RW di Kelurahan Jombang itu bukan tanpa sebab, luapan air Kali Deker atau Kali Cibenda yang melintas kawasan itu, jadi pemicu terjadinya banjir. Warga pun meminta agar lahan yang berada di RW 013 Kampung Gedong, agar segera dibuatkan tandon.

Menyikapi hal tersebut, Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie mengatakan, soal usulan warga Jombang agar di wilayahnya di buatkan tandon, harus dilakukan kajian terlebih dahulu. Kendati begitu, Bang Ben, sapaan Benyamin Davnie, mengaku belum menerima usulan warga tersebut.

"Belum ada usulan (Pembuatan tandon-red). Nanti akan kita dalami. Seperti apa, karena harus di buat studi kelayakan," kata Bang Ben, Selasa (28/1/2020)

Bang Ben jelaskan, mengacu pada pembangunan Tandon Ciater dan tandon Nusaloka BSD yang berfungsi untuk meminimalisir banjir, tidak menutup kemungkinan wilayah Jombang juga akan di buatkan tandon.

"kalau memang di wilayah itu (Jombang-red) tepat, Ciater sudah kita bangun, Nusaloka sudah kita bangun, kenapa di wilayah itu tidak dibuatkan tandon?," jelasnya.

Menurutnya, inisiatif warga Jombang yang memberikan usulan pembangunan tandon, harus menjadi perhatian dan harus di sambut dengan baik. "Langkah pertama itu tadi, harus dibuatkan kajian, feasibility Study dulu," tandasnya.

Soal pembangunan tandon di wilayah Kelurahan Jombang, sebelumnya diungkapkan oleh Ketua RW 013 Kampung Gedong, Tubagus Fahrurozi.

Bahkan, usulan pembuatan tandon juga pernah ia sampaikan dalam rapat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di kelurahan Jombang beberapa waktu lalu.

"Kemarin pada saat musrenbang di Jombang, sudah kita sampaikan kepada perwakilan dewan dan pihak-pihak terkait agar di wilayah kami di buatkan tandon," ungkap Fahrurozi, Minggu (26/1/2020).

Yanto, Anggota Komisi IV dari Fraksi Demokrat DPRD Kota Tangsel, mengaku dan siap mengawal usulan warga agar dibuatkan tandon di wilayah Kampung Gedong, Jombang.

"Persoalan banjir ini adalah persoalan yang serius. Dan usulan warga untuk dibuatkan tandon, menurut kami sangat masuk akal dan bisa mengurai masalah banjir. Jadi usulan warga ini akan kita kawal,” kata Yanto.

Terpisah, Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) pada Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Tangsel, Rosi, mengatakan bahwa soal pembuatan tandon yang diusulkan warga, tinggal menunggu izin dari pusat.

"Tinggal nunggu izin pusat membuat tandon," singkat Rosi melalui pesan WhatApp yang diterima detaktangsel.com, kemarin.

Baca part 1 : Jadi Bulan-Bulanan Banjir, Warga Jombang Minta Dibuatkan Tandon

« March 2020 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31          

Cuaca

No cities match your search query

Go to top