Kecamatan Serpong Utara Juara Lomba Bersih Saluran

Detaktangsel.com SERPONG- Kecamatan Serpong Utara (Serut) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) meraih juara lomba bersih-bersih drainase yang digelar Dinas Pekerjaan Umum. Dengan perolehan nilai 98,5, Kecamatan Serut menyisihkan enam kecamatan lainnya.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Aries Kurniawan menyatakan kegiatan ini, merupakan agenda tahunan. Aries juga membeberkan kriteria penilaian meliputi aliran air menjadi lancar, tidak ada semak atau rumput dan sampah, bantaran saluran tertata rapi disertai penghijauan dan interkoneksi antar saluran.

Lalu, volume pencapaian pekerjaan dan keterlibatan masyarakat dalam pelaksanaan lomba. Seperti partisipasi gotong royong masyarakat dan donasi warga. ”Dari hasil penilaian tim juri, Kecamatan Serut keluar menjadi juara pertama,” katanya.

Ia menjelaskan kegiatan tahunan ini merupakan tindak lanjut program Walikota Airin Rachmi Diany, yakni Gerakan Bersih Saluran. Kegiatan ini, berlangsung 11-12 Agustus 2018 dengan melibatkan Forum Kota Sehat (FKS) Tangsel untuk melakukan penilaian secara independen.

”Lomba bersih-bersih saluran ini sebagai upaya kami mengedukasi masyarakat agar sadar pentingnya menjaga fungsi saluran air dengan baik, yang tentu saja bisa mengurangi risiko banjir di lingkungan masing-masing. Selain itu, untuk membangun kebersamaan atau gotong royong. Maka itu, kegiatan ini melibatkan langsung masyarakat dan perangkat pemerintah,” terangnya.

Sementara itu, juara dua diraih Kecamatan Ciputat dengan nilai 89,9 dan Kecamatan Serpong dengan nilai 88,3. Kecamatan Pondok Aren dengan nilai 85,7, Kecamatan Setu dengan nilai 66.2, Kecamatan Ciputat Timur dengan nilai 59.0 dan Pamulang dengan nilai 57.5. Sebelumnya, lomba bersih saluran yang digelar Dinas Pekerjaan Umum mendapat atensi langsung dari Walikota Airin Rachmi Diany. Sejak Sabtu (11/8) lalu, Airin menyempatkan diri melihat langsung saluran yang sudah dibersihkan. Lomba ini diikuti tujuh kelurahan mewakili tujuh kecamatan.

Lomba bersih saluran yang digelar Dinas Pekerjaan Umum mendapat atensi langsung dari Walikota Airin Rachmi Diany. Orang nomor satu di Pemkot menyempatkan diri melihat langsung saluran yang sudah dibersihkan.

Menurut Airin, kegiatan lomba ini menjadi agenda rutin tahunan Dinas Pekerjaan Umum menyambut Hari Kemerdekaan RI. Kegiatan bersih saluran ini merupakan upaya mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan. Selain itu, demi terwujudnya program Gerakan Bersih Saluran yang merupakan kebijakan Pemkot Tangsel. ”Kalau tiga tahun lalu, masih hanya sebatas seremoni. Tapi sekarang, kegiatan bersih saluran sudah menjadi rutinitas warga,” jelas Airin.

« August 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31  

Cuaca

No cities match your search query

Go to top