DUA BUAH KELAPA JADI GANG KELAPA DUA

Gang Kelapa Dua di Tangerang Selatan Gang Kelapa Dua di Tangerang Selatan

detaktangsel.com TANGSEL - Tahukah anda asal-usul nama Gang Kelapa Dua yang yang berada di Kelurahan Babakan, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) tepatnya di ruang lingkup RW.03.

Dari hasil pantauan redaksi tangerangonline.id, sebelum dinamakan Gang Kelapa Dua, dahulu sebagai jalan perlintasan masyarakat untuk berkebun. Selain itu juga sebagai mengangon sapi dan kerbau karena saat itu masih banyak tumbuhan rerumputan.

Lalu, mengapa dinamakan Kelapa Dua? Ketua RT 02 RW 03 setempat menjelaskan, nama Gang Kelapa Dua berawal karena jalan perlintasan tersebut terdapat satu pohon kelapa namun batang pohonnya bercabang menjadi dua seperti alat ketapel dan buah kelapanya pun hanya berbuah dua.

"Dulu itu gang untuk lewat angon sapi dan kerbau. Nah, nama Gang Kelapa Dua itu, dulu tepat di depan gang itu ada pohon kelapa tapi batangnya bercabang dua, buah kelapanya juga cuma dua. Makanya, masyarakat sekitar menamakan Gang Kelapa Dua," jelas Usman Ketua RT 02 saat ditemui dikediamannya, Senin, (01/02/2016).

Dia juga menyebutkan, pohon kelapa itu mulai ditebang pada tahun 1970-an. Karena saat itu perkembangan jaman, pohon itu harus ditebang, guna sebagai mempermudah akses jalan.

"Tahun 70-an ditebangnya, saat itu pembangunan sudah makin berkembang, pohon itu ditebang agar mudah keluar masuk kendaraan dan pengguna jalan lainnya," terangnya.

Usman mengakui, keluarga besarnya telah tinggal di Gang Kelapa Dua selama puluhan tahun. Itu alasannya, dirinya mengetahui asal-usul nama Gang Kelapa Dua.

Diketahui juga, berdirinya gedung pendidikan milik Yayasan Al-Azhar 25 yang berada di Gang Kelapa Dua, dahulu itu tanah milik kakeknya.

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online